Jelang Lebaran 2023, Kemenhub Minta Maskapai Siapkan Promo Menarik

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta kepada maskapai penerbangan Indonesia untuk menyiapkan promo tiket pesawat.

Jelang Lebaran 2023, Kemenhub Minta Maskapai Siapkan Promo Menarik
Kemenhub Minta Maskapai Siapkan Promo Menarik. Gambar : Pexels.com/Dok. Matthew Turner

BaperaNews - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghimbau agar maskapai penerbangan Indonesia yang melayani rute perjalanan di dalam negeri bisa memberi tarif lebih terjangkau untuk para penumpang, sebab menurutnya, daya beli masyarakat usai pandemi Covid-19 belum pulih seutuhnya.

Dirjen Perhubungan Udara Kristi Endah merasa hal ini perlu diperhatikan, terlebih sebentar lagi masuk masa angkut lebaran 2023 dan masyarakat butuh alat transportasi termasuk jalur udara untuk kepentingan mudik atau bepergiannya.

“Masuk masa libur lebaran tentu lebih banyak kebutuhan untuk jasa angkutan termasuk jasa angkutan udara. Kami menghimbau agar maskapai penerbangan bisa memperhatikan penerapan tarif kepada calon penumpangnya, terutama kelas ekonomi, agar harganya lebih terjangkau untuk masyarakat” tutur Kristi pada Jumat (7/4).

Puncak keberangkatan arus mudik lebaran 2023 diperkirakan terjadi pada tanggal 19-21 April 2023 dan puncak arus balik diperkirakan pada tanggal 24-25 April 2023.

Maka perlu distribusi penumpang dengan baik agar penumpang tidak semuanya menumpuk di hari-hari yang diperkirakan terpadat tersebut.

Maskapai penerbangan bisa berikan promo tiket pesawat kelas ekonomi diluar tanggal tersebut agar masyarakat bisa pulang bertahap, tidak menumpuk di satu tanggal.

Baca Juga : PBNU Buka Program Mudik Gratis Lebaran 2023, Simak Cara Daftarnya!

“Terapkan tarif kelas ekonomi yang terjangkau, itu bisa jadi salah satu pilihan maskapai, siapkan promo tiket pesawat kelas ekonomi dengan tetap mengacu pada aturan dan undang-undang yang berlaku” pungkas Kristi.

Kristi berharap dengan adanya promo tiket pesawat dan tarif lebih terjangkau dari pihak maskapai penerbangan untuk masyarakat di masa libur dan cuti lebaran ini bisa memulihkan dan mendorong kemajuan industri penerbangan yang sempat kacau di masa pandemi Covid-19 dulu. Selain itu juga bisa membantu masyarakat memakai perjalanan udara dengan lebih mudah.

Angkutan udara 2023 ini diprediksi lebih ramai dibanding dua tahun ke belakang, hal ini karena adanya peningkatan mobilitas masyarakat. Pesawat baik itu pesawat penumpang, kargo, maupun pos nasional semuanya mengalami peningkatan kapasitas serta kapabilitasnya.

Moda transportasi pesawat terbang dikenal sebagai alat transport paling cepat, namun hanya kalangan tertentu yang bisa membeli tiketnya lantaran harganya yang paling mahal dibanding transportasi darat, laut, dan kereta api.

Jika pihak maskapai lebih banyak memberi diskon dan promo tiket pesawat kelas ekonomi, tentu akan meningkatkan keterjangkauan masyarakat untuk pembelian tiket pesawat terbang ini.

Baca Juga : Pemprov Jabar Buka Mudik Gratis 2023, Simak Rute Hingga Cara Daftarnya!