Jokowi Pastikan Jalur Pansela Jawa Banten Resmi Tahun Ini

Presiden Jokowi memastikan bahwa pembangunan jalur Pansela Jawa Banten (pantai selatan Jawa) dapat selesai pada tahun ini.

Jokowi Pastikan Jalur Pansela Jawa Banten Resmi Tahun Ini
Jalur Pansela Jawa Banten. Gambar : Dok. Kementerian PUPR

BaperaNews - Presiden Jokowi menyebut pemerintah sedang mengebut pembangunan jalur Pansela Jawa Banten (pantai selatan Jawa) yang diharapkan bisa mempermudah mobilitas warga dan barang.

“Ini jalan lintas selatan, ini dari ujung Banten sampai ujung Banyuwangi di Jawa Timur, akan segera selesai di tahun 2023 ini” tutur Jokowi di acara peresmian Jembatan Kretek II Bantul, Yogyakarta pada Jumat (2/6).

Jokowi berharap dengan adanya jalur Pansela Jawa Banten ini membuat kecepatan arus logistik meningkat dan makin lancar, begitu pula dengan mobilitas orang semakin mudah dan cepat dilakukan.

“Saya harapkan kecepatan jalur logistik, orang, barang, semua bisa lancar karena kita sudah punya jalur lintas selatan. Dan diharapkan daya saing dari produk yang ada yang selama ini diproduksi di Jawa selatan bisa lebih mudah masuk ke pasar dengan competitiveness yang jauh lebih baik” pungkas Jokowi.

Jokowi berharap dengan adanya jalur Pansela Jawa Banten ini memudahkan produk-produk dari Jawa selatan masuk ke jawa lainnya hingga wilayah luar pulau Jawa sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat karena lebih mudah dalam sisi pengangkutan atau logistiknya.

Baca Juga : Setelah 20 Tahun Dilarang, Kini Jokowi Izinkan Lagi Ekspor Pasir Laut

Sementara Jembatan Kretek II yang diresmikan Jokowi ialah jembatan sepanjang 600 meter yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya, menghubungkan jalan Samas Kretek dengan Poncosari Greges. Jokowi juga berharap jembatan ini bisa memudahkan perlintasan jalur selatan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut adanya jembatan Kretek II bisa memajukan potensi wisata di pesisir pantai selatan jawa dan bisa mengurangi kesenjangan dengan wilayah pantai utara jawa yang saat ini lebih maju potensi ekonominya.

“Kehadiran jembatan ini ialah bagian dari upaya kita untuk promosikan jalur Pansela Jawa karena tidak hanya jalannya saja yang bagus namun juga ada pemandangan indah atau panoramic road” sambung Basuki.

“Dengan akses yang mudah menghemat waktu tempuh (Tirtohargo Parangtritis sebelumnya 20 menit menjadi hanya 6 menit) diharap bisa tingkatkan ekonomi masyarakat dan pemerataan ekonomi di sekitarnya, mendekatkan UMKM dengan pembeli, dan bisa mengembangkan destinasi wisata di selatan Jawa” pungkas  EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Tjahjo Purnomo.

Targetnya, tahun 2023 ini jalur pantai selatan jawa selesai dibangun dan bisa dipakai masyarakat untuk mobilitas.

Baca Juga : Stadion Utama di Sumut Dilelang Kementerian PUPR