Instagram Siapkan Fitur Baru, Bantu Orang Tua Awasi Anak

Fitur baru instagram segera diluncurkan, Fitur ini disebut membantu orang tua untuk melakukan pengawasan kepada anak langsung di aplikasi. Parental Control Namanya!

Instagram Siapkan Fitur Baru, Bantu Orang Tua Awasi Anak
Instagram siapkan fitur baru, bantu orang tua awasi anak. Gambar : Pexels.com

BaperaNews - Aplikasi besutan perusahaan teknologi raksasa bernama Instagram tengah disibukkan dengan peluncuran fitur barunya. Fitur baru yang akan diluncurkan dari aplikasi Instagram mempunyai kemampuan dalam membantu orang tua untuk melakukan pengawasan kepada anak langsung di aplikasi.

Fitur yang diberi nama parental control rencananya akan diluncurkan pada bulan Maret tahun 2022 mendatang.

“Kami sudah mempunyai rencana perihal proses peluncuran tools pertama yang mana mempunyai tujuan untuk membantu orang tua agar lebih mudah dalam upaya membimbing dan juga mendukung para anak mereka yang menginjak usia remaja saat menggunakan Instagram,” kata Adam Mosseri (Head of Instagram) melalui laman blog pribadinya dilansir pada hari Kamis 9 Desember 2021.

Pihak Instagram akan memberikan akses kepada setiap orang tua atau pun wali untuk bisa mengelola berapa lama anaknya bisa menggunakan Instagram. Orang tua bisa leluasa mengetahui anak – anaknya dalam menggunakan aplikasi. Selain itu, pihak Instagram akan mengintegrasikan akun Instagram anak saat melakukan aktivitas pelaporan. Secara otomatis pihak orang tua akan mendapatkan notifikasi langsung setelah laporan dibuat oleh sang anak.

Menurut Adam Mosseri, dengan hadirnya fitur baru tersebut, komunikasi dan diskusi dengan anak – anak akan menjadi lebih mudah terkait dengan masalah apa saja yang sedang dialami baik di dunia nyata atau pun di dunia maya.

“Fitur yang akan diluncurkan bulan maret tahun depan ini adalah versi pertama yang rencananya akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman,” tambah Adam Mosseri.

Tak hanya itu saja, pihak Instagram juga menyediakan fitur baru yang juga diperuntukkan kepada orang tua mengenai pusat pendidikan yang di dalamnya berisi tutorial produk hingga tips yang disediakan oleh para ahli. Sehingga diharapkan bisa menambah wawasan para orang tua sebagai bekal untuk mendidik anak – anaknya.

Dengan demikian, seorang anak akan melibatkan peran orang tua dalam penggunaan media sosial. Salah satunya adalah mengetahui cara menggunakan media sosial yang tepat dan membawa dampak positif.

Kemudian, Adam Mosseri juga menyampaikan akan ada sejumlah aturan yang diubah khusus untuk pengguna remaja. Ia menyebutkan bahwa Instagram tidak lagi memberikan izin pengguna dewasa melakukan tag atau pun mention ke pengguna yang terdeteksi masih remaja.

Akan ada juga fitur baru yang mana bisa digunakan untuk menghapus beberapa jejak digital sekaligus seperti komentar, like dan unggahan dalam satu waktu.