Ini Waktu Terbaik Di Indonesia Untuk Lihat Fenomena Supermoon

Berikut waktu yang terbaik di Indonesia untuk melihat fenomena supermoon terakhir di tahun 2022!

Ini Waktu Terbaik Di Indonesia Untuk Lihat Fenomena Supermoon
Berikut waktu yang terbaik di Indonesia untuk melihat fenomena supermoon terakhir di tahun 2022! Gambar : Unsplash.com/Dok. Aron Visuals

BaperaNews - Fenomena supermoon terakhir di tahun 2022 bisa disaksikan di Indonesia mulai hari ini Kamis sore (11/8) hingga Jumat pagi (12/8).

“Supermoon sudah bisa disaksikan sejak 11 Agustus 2022 26-42 menit sebelum matahari terbenam hingga 12 Agustus 2022 2-6 menit setelah matahari terbit” ujar Andi Pangerang dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Rabu (10/8).

Andi menyebut puncak fenomena supermoon terjadi pada Jumat (12/8) pukul 08.36 WIB. Supermoon bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia sejak sebelum matahari terbenam sampai matahari terbit di esok harinya.

“Supermoon bisa dilihat sebelum matahari terbenam. Spesifiknya, paling lambat 26 menit sebelum matahari terbenam untuk kota Sabang dan yang selintang serta paling cepat 42 menit sebelum matahari terbenam, arahnya di tenggara” imbuhnya.

Usai terbit dari tenggara, supermoon akan berada di selatan dengan ketinggian 62 derajat untuk kota Sabang serta 79 derajat untuk Rote Ndao. Kemudian supermoon terbenam di barat daya paling cepat 2 menit setelah matahari terbit untuk kota Sabang atau paling lambat 6 menit usai matahari terbit di Rote Ndao.

Baca Juga : Jokowi Minta BMKG Untuk Serius Antisipasi Perubahan Iklim

“Ini karena puncak purnama dekat dengan waktu matahari terbit yakni pukul 08.36 WIB / 09.36 WITA / 10.36 WIT sehingga waktu terbenamnya bulan berdekatan dengan waktu matahari terbit dan waktu terbit bulan jauh intervalnya dengan matahari terbenam” jelasnya.

Fenomena supermoon ini ialah yang terakhir kali terjadi pada tahun 2022. Berdasarkan perhitungan dari NASA, supermoon selanjutnya terjadi tahun depan pada 3 Juli, 2 Agustus, 31 Agustus, dan 29 September 2023.

Pada supermoon tahun depan tanggal 31 Agustus 2023 diperkirakan  bulan berada pada posisi paling jelas terlihat dari bumi karena berada pada jarak terdekat dari bumi sepanjang sejarah yakni hanya 357.344 km.

Untuk bisa melihat fenomena supermoon, pastikan Anda berada di tempat yang bebas dari polusi gedung, di tanah lapangan, sawah, atau lapangan akan nampak lebih jelas. Begitu pula jika dilihat dari tempat yang minim cahaya akan nampak jauh lebih terang cahayanya.

Nikmati indahnya fenomena alam supermoon yang bisa disaksikan di wilayah manapun dari Indonesia mulai hari ini Kamis sore (11/8) sebelum matahari terbenam hingga esok hari Jumat (12/8) setelah matahari terbit.