Ingin Saksikan HUT Ke-79 TNI di Monas, Stasiun Manggarai Padat hingga Sempat Sesak

Stasiun Manggarai mengalami kepadatan penumpang saat perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas).

Ingin Saksikan HUT Ke-79 TNI di Monas, Stasiun Manggarai Padat hingga Sempat Sesak
Ingin Saksikan HUT Ke-79 TNI di Monas, Stasiun Manggarai Padat hingga Sempat Sesak. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Tiktok/@arganhope

BaperaNews - Stasiun Manggarai mengalami kepadatan penumpang pada Sabtu (5/10/2024), karena banyak warga yang hendak menuju Monumen Nasional (Monas) untuk menyaksikan perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI. Kepadatan ini terutama terjadi pada rute KRL yang menuju Jakarta Kota.

Polisi memastikan tidak ada korban luka akibat kepadatan tersebut. "Tidak ada kerugian materi dan tidak ada korban luka. Situasi Stasiun Manggarai telah normal kembali," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Rahmat Idnal dalam keterangannya. Menurutnya, kepadatan di pagi hari berhasil terurai sekitar pukul 11.30 WIB.

Untuk mengantisipasi potensi kepadatan saat arus balik penumpang pada sore hari, petugas keamanan ditempatkan di Hall lantai 2 Stasiun Manggarai.

"Kami menempatkan petugas untuk mengurai kepadatan penumpang dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tambah Ade.

Sementara itu, KAI Commuter melalui akun media sosial X memberikan informasi terkait rute alternatif bagi penumpang KRL yang ingin menuju Monas. "#RekanCommuters sehubungan dengan perayaan HUT TNI ke-79, Stasiun Juanda terpantau ramai.

Sebagai alternatif, penumpang bisa turun di Stasiun Gondangdia atau Sawah Besar," tulis KAI Commuter dalam unggahannya.

Kepadatan di Stasiun Manggarai juga dirasakan oleh para penumpang seperti Rini (25), warga Kranji yang hendak menuju Kota Tua. Ia memilih menunggu kereta yang lebih sepi setelah melewatkan tiga kereta karena sesak.

"Saya nunggu aja dulu, tadi sudah tiga kali kereta lewat saya skip karena padat banget," ujarnya.

Yusdi dan keluarganya, yang datang dari Pontianak dengan tujuan berlibur ke Bogor, akhirnya membatalkan perjalanan mereka karena kereta terlalu penuh.

Baca Juga : Ini Daftar Lengkap Pangkat di TNI, Prajurit hingga Jenderal

"Kami sudah di peron, tapi karena padat, kasihan anak-anak. Akhirnya kami turun dan makan di stasiun," ujar Yusdi. 

Ia menambahkan bahwa keluarganya memutuskan untuk kembali ke hotel di Tanah Abang dan akan mencoba bepergian lagi pada hari Senin.

Video kepadatan di Stasiun Manggarai yang beredar di media sosial menunjukkan penumpang berdesakan di sekitar peron menuju Jakarta Kota.

Banyak di antara mereka yang berencana menghadiri perayaan HUT TNI di Monas. Situasi ini menunjukkan tingginya antusiasme warga dalam mengikuti acara kenegaraan, yang sayangnya menimbulkan kepadatan di beberapa titik seperti Stasiun Manggarai.

Pengelola stasiun dan pihak keamanan diharapkan terus berkoordinasi untuk menjaga situasi tetap terkendali dan menghindari potensi risiko di masa mendatang, terutama pada hari-hari dengan acara besar seperti ini.

Kepadatan di Stasiun Manggarai, meski sempat memicu keluhan penumpang, berhasil diurai oleh pihak keamanan, dan situasi kembali normal tanpa adanya korban luka atau kerugian materi.

Baca Juga : Jokowi Akan Menjadi Inspektur HUT ke-79 TNI, Hadir di Monas Ditemani Sang Cucu