Ingin Kuliah Gratis? Kampus BUMN Pertambangan Buka Pendaftaran!

Bagi kamu yang kemarin tidak lolos masuk PTN/PTS, jangan khawatir! karena kampus BUMN Pertambangan membuka pendaftaran untuk kuliah gratis.

Ingin Kuliah Gratis? Kampus BUMN Pertambangan Buka Pendaftaran!
Kampus BUMN Pertambangan buka pendaftaran kuliah gratis. Gambar : Pixabay.com/Dok. Kreatikar

BaperaNews - Penerimaan mahasiswa baru (PMB) di Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) dibuka oleh BUMN pada 25 Agustus-04 September 2022. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi, nanti akan mendapatkan beasiswa penuh selama masa kuliah. 

AKIPBA merupakan kampus yang didirikan oleh BUMN PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang bergerak di bidang industri pertambangan batu bara, PT Inalum (Persero) yang bergerak di bidang industri peleburan aluminium, PT Timah Tbk yang bergerak di eksplorasi timah, serta PT Antam yang tergabung di dalam Holding Industri Pertambangan MIND ID. 

Diketahui, kampus milik BUMN ini berada di bawah naungan Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam. 

Bagi siswa SMA, SMK, dan MA yang ingin kuliah di kampus BUMN Pertambangan bisa langsung mendaftar ke PMB AKIPBA 2022. Pada pendaftaran tahun ini, calon mahasiswa AKIPBA dapat memilih prodi D1 Teknik Pengoperasian Alat Tambang (TPOT), Teknik Perawatan Alat Tambang (T-PAT), serta Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batubara (T-PHT). 

Mahasiswa lulusan D1 Prodi Teknik Pengoperasian Alat Tambang AKIPBA akan disiapkan sebagai Operator Pengoperasian Mesin dan Peralatan Pertambangan. Lalu, lulusan prodi  Teknik Perawatan Alat Tambang disiapkan sebagai Operator Pemeliharaan Alat Tambang yang berkembang di bidang pemeliharaan alat tambang. 

Sedangkan, mahasiswa lulus prodi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batubara akan disiapkan sebagai Operator Mesin Pengolahan Hasil Tambang, hal ini dikutip dari laman PTBA. 

Baca Juga : Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah Hingga Oktober 2022. Berikut Syarat, Cara Daftar Dan Linknya!

Namun, untuk masuk ke kampus BUMN Pertambangan, kuliah gratis ini pasti ada syarat hingga tahap seleksi yang harus Anda ikuti. 

Berikut Syarat Pendaftaran Masuk Kampus BUMN Pertambangan: 

  1. Merupakan warga negara Indonesia.
  2. Lulusan SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2020, 2021, 2022, terakreditasi A.
  3. Harus berkelakuan baik, sehat jasmani dan rohani, serta tidak buta warna.
  4. Belum menikah.
  5. Khusus mahasiswa pendaftar prodi Pengoperasian Alat Tambang, memiliki tinggi badan minimal 165 cm, laki-laki, dan berumur minimal 18 tahun pada 01 September 2022. 

Nah, itu syaratnya, kira-kira Anda sudah lolos nggak untuk syarat di atas? Semoga berhasil yaa. Lalu, setelah Anda lolos syarat-syarat di atas, Anda akan memasuki tahap seleksi.

Berikut Tahap Seleksi Masuk Kampus BUMN Pertambangan:

  1. Melakukan seleksi administrasi.
  2. Melakukan tes online akademik dan skolastik.
  3. Psikotes.
  4. Melakukan wawancara.
  5. Visitasi.
  6. Melakukan tes kesehatan. 

Pendaftaran kuliah gratis di Kampus BUMN Pertambangan digelar secara daring melalui situs http://pmb2022.akipba.ac.id/. Dan informasi terkait pendaftaran dan seleksi AKIPBA selengkapnya bisa dilihat di situs https://ptba.co.id/berita/-1508 atau laman http://akipba.ac.id/

Baca Juga : Asik! Pendaftaran KJMU Tahap 2 Dibuka! Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester