Info Biaya Tol Jakarta-Semarang Saat Nataru, capai Rp415 ribu

Pada musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) terdapat perubahan tarif tol Trans Jawa, termasuk tarif tol Jakarta-Semarang.

Info Biaya Tol Jakarta-Semarang Saat Nataru, capai Rp415 ribu
Info Biaya Tol Jakarta-Semarang Saat Nataru, capai Rp415 ribu. Gambar : Dok. Jasa Marga

BaperaNews - Jalan tol Jakarta-Semarang, sebagai bagian dari ruas jalan yang terhubung dengan Tol Trans Jawa, menjadi jalur utama yang dilalui oleh banyak pengendara saat musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Selain tingginya frekuensi penggunaan jalan tol ini, terdapat perubahan tarif tol Trans Jawa yang berlaku pada tahun ini, termasuk tarif tol Jakarta-Semarang. Penting bagi pemudik yang berencana pergi ke Semarang dari Jakarta untuk mengetahui besaran tarif tol yang berlaku.

Ruas tol yang dilalui meliputi Jakarta-Cikampek (Japek), Cikopo-Palimanan (Cipali), Palimanan-Kanci (Palikanci), Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang (Kalikangkung), dan Semarang ABC.

Setiap gerbang tol memiliki tarif yang berbeda, sehingga pemudik disarankan untuk mengetahui harga di setiap gerbang tol sebelum melakukan perjalanan.

Untuk kendaraan golongan 1, yang meliputi sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus, biaya tol Jakarta-Semarang sekitar Rp415.000. Besaran tarif ini melibatkan sejumlah gerbang tol, mulai dari Dalam Kota hingga Semarang ABC.

Menanggapi padatnya lalu lintas selama musim libur Natal dan Tahun Baru, Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi, menyatakan bahwa rencana rekayasa lalu lintas selama Nataru telah disusun berdasarkan kajian yang matang.

Baca Juga : Liburan Hemat! 266 Km Ruas Jalan Tol Bisa Dilewati Gratis Saat Nataru 2023

Rencana ini tidak hanya didasarkan pada kegiatan atau pengalaman sebelumnya, melainkan juga memperhatikan Volume Capacity Ratio (VCR).

"Kami akan melakukan perhitungan terkait Volume Capacity Ratio (VCR), yakni metode untuk membandingkan antara volume kendaraan dengan kapasitas jalan. Dengan begitu, kami dapat memastikan keamanan dan kenyamanan jalan selama masa Nataru," kata Kombes Eddy.

Dengan perhitungan VCR, petugas lalu lintas memiliki panduan untuk menerapkan skema rekayasa lalu lintas yang optimal, seperti sistem buka tutup, sistem satu arah, atau contra flow satu jalur, dua jalur, atau tiga jalur. Hal ini menjadi langkah proaktif untuk mengurangi kemacetan dan menjaga kelancaran perjalanan pemudik.

Berikut adalah rincian biaya tol Jakarta Semarang untuk kendaraan golongan I:

  1. Tarif Tol Dalam Kota: Rp10.500
  2. Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek): Rp20.000
  3. Tarif Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali): Rp119.000
  4. Tarif Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci): Rp13.500
  5. Tarif Jalan Tol Kanci-Pejagan: Rp29.500
  6. Tarif Jalan Tol Pejagan-Pemalang: Rp60.000
  7. Tarif Jalan Tol Pemalang-Batang: Rp46.000
  8. Tarif Jalan Tol Batang-Semarang: Rp111.500
  9. Tarif Jalan Tol Semarang ABC: Rp5.000

Baca Juga : Pembatasan Kendaraan Saat Libur Nataru, Ini Lokasi dan Jadwalnya!