Indonesia Terima Bantuan 819.600 Dosis Vaksin Moderna Dari Belanda

Indonesia kembali kedatangan vaksin, kini vaksin tersebut ialah vaksin moderna yang didapat dari belanda sebanyak 819.600 dosis

Indonesia Terima Bantuan 819.600 Dosis Vaksin Moderna Dari Belanda
Gambar : Kominfo

BaperaNews - Pada hari Sabtu (30/10/2021) kemarin, Indonesia menerima donasi dari pemerintah Belanda yang berupa 819.600 dosis vaksin Moderna dalam bentuk jadi.

Usman Kansong yang merupakan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi serta berterima kasih setinggi-tingginya kepada pemerintah Belanda yang telah ikut membantu dukungan vaksin.

Kemudian Usman melanjutkan bahwa dengan kedatangan vaksin tahap ke-108 yang tiba di hari Sabtu kemarin, maka total jumlah vaksin yang telah tiba di Indonesia yaitu sebanyak 313.155.360. Diketahui, jumlah tersebut adalah vaksin dari berbagai jenis merek baik itu dalam bentuk jadi maupun bentuk bulk (bahan baku). Adapun vaksin tersebut diperoleh dari pembelian langsung serta bantuan dari negara sahabat.

Usman menyampaikan bahwa lancarnya kedatangan vaksin ini menjadikan upaya percepatan serta perluasan program vaksinasi di Indonesia jadi lebih optimal.

Selain amannya jaminan ketersediaan stok vaksin, upaya percepatan program vaksinasi ini juga dilakukan dengan memberikan banyak edukasi terhadap masyarakat khususnya mengenai berita-berita hoaks atau tidak benar yang akan terus banyak beredar melalui sosial media. Usman menyebutkan bahwa hoaks sangat berperan memperlambat proses vaksinasi di beberapa daerah.

Usman menerangkan bahwa masyarakat dibuat takut serta khawatir terhadap efek yang ditimbulkan dari adanya vaksinasi ini, yang dilebih-lebihkan serta dibesar-besarkan.

Usman menegaskan bahwa seluruh vaksin Covid-19 yang digunakan oleh pemerintah sangatlah aman serta berkhasiat, dan juga telah mendapatkan izin dari Badan POM.

Oleh karena itu, Usman berharap kepada seluruh masyarakat yang belum divaksin agar segera melakukan vaksinasi. Kemudian bagi masyarakat yang telah vaksin dapat mengajak orang tua, keluarga, sanak saudara, serta lingkungan sekitar yang belum divaksinasi agar mau divaksin.

Kemudian Usman menambahkan bahwa Pemerintah berharap masyarakat segera melakukan vaksinasi, dan hal itu dilakukan seiring dengan langkah pemerintah untuk meningkatkan capaian vaksinasi di daerah-daerah sekaligus sebagai antisipasi gelombang ke-3 Covid-19.

Tidak lupa, pemerintah juga terus mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, tidak lengah, serta tetap waspada kenaikan kasus agar tidak terjadi gelombang baru Covid-19.

Terakhir, Usman mengajak seluruh masyarakat untuk tidak lengah dan tetap mewaspadai akan adanya kenaikan kasus Covid-19 sekecil apapun di wilayahnya agar tidak terjadi gelombang baru Covid-19.