Indonesia Terima 6 Batch Vaksin Dari Jepang, Datang Secara Bertahap

Indonesia menerima kembali vaksin jenis astrazeneca dari jepang secara bertahap dalam 6 batch selama 19-22 oktober 2021.

Indonesia Terima 6 Batch Vaksin Dari Jepang, Datang Secara Bertahap
Gambar : Kominfo

BaperaNews - Melalui hasil kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jepang, kini Indonesia kembali menerima bantuan vaksin Astrazeneca. Bantuan vaksin tersebut nantinya akan datang secara bertahap dalam 6 kali penerbangan selama 19-22 Oktober 2021.

Pada hari Selasa (19/10/2021) kemarin, Batch pertama bantuan vaksin AstraZeneca dari Jepang tiba Indonesia. Retno LP Marsudi.selaku Menteri Luar Negeri menyampaikan bahwa pada batch pertama yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta ini jumlah vaksin yang diterima sebanyak 224.000 dosis.

Adanya dukungan dari pemerintah jepang menjadi kedatangan vaksin tahap ke-92 untuk Indonesia. Sehingga total vaksin yang telah tiba di Indonesia telah mencapai angka 285.300.400 dosis dalam bentuk bulk atau bahan baku maupun bentuk jadi.

Retno menyampaikan bahwa kerjasama dose-sharing bilateral dengan jumlah 1.990.910 dosis menjadi kedua kalinya Pemerintah Jepang memberikan dukungan untuk masyarakat dan Pemerintah Indonesia.

Indonesia telah menerima sebanyak 2.161.240 dosis vaksin AstraZeneca dari Jepang pada bulan Juli lalu, yang kemudian telah didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.

Retno melanjutkan bahwa kerjasama dose-sharing ini menjadi tindak lanjut konkret dari hasil pembicaraannya dengan Menteri Luar Negeri Jepang yaitu Motegi Toshimitsu dalam berbagai kesempatan, salah satunya yaitu pada saat pertemuan bilateral di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, 23 September 2021 lalu.

Retno menambahkan bahwa kerjasama ini mendekatkan hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Jepang yang terus berkembang, bahkan di masa-masa sulit seperti pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Jepang adalah salah satu mitra ekonomi utama Indonesia dan diyakini kerjasama yang terjalin antara Indonesia-Jepang dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi di masing-masing negara pasca-pandemi.

Selain adanya kerjasama dose-sharing, Retno menyampaikan bahwa Jepang telah memberikan dukungan lain untuk Indonesia untuk mengatasi pandemi dan meningkatkan ketahanan kesehatannya sejak awal pandemi.

Dukungan tersebut berupa obat-obatan seperti Avigan dan mobile x-ray, serta berbagai dukungan lainnya melalui organisasi internasional.