Indonesia Gagal Ke Semifinal, Shin Tae Yong Kritik Regulasi Piala AFF U-19 Dan Kecam Laga Thailand Vs Vietnam

Timnas Indonesia U-19 tidak lolos semifinal usai regulasi Piala AFF U-19 2022, Shin Tae Yong kecewa dan tersinggung oleh Thailand dan Vietnam tidak berniat menang dalam pertandingan.

Indonesia Gagal Ke Semifinal, Shin Tae Yong Kritik Regulasi Piala AFF U-19 Dan Kecam Laga Thailand Vs Vietnam
Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022, Shin Tae Yong kritik regulasi di Piala AFF dan kencam duel Thailand Vs Thailand. Gambar : PSSI

BaperaNews - Timnas Indonesia U-19 menang atas Myanmar 5 - 1 dalam laga grup terakhir Piala AFF U-19 Minggu malam (10/7), namun Indonesia tidak lolos semifinal, akibat regulasi Piala AFF U-19 2022.

Shin Tae Yong, pelatih timnas Indonesia tak bisa menutupi rasa kecewanya setelah gagal membawa anak didiknya ke semifinal Piala AFF U-19, ia menyebut regulasi Piala AFF U-19 2022 aneh.

“Regulasi turnamen ini aneh karena AFF masih memakainya, padahal sudah tak dipakai oleh FIFA dan AFC, jadi ketidak lolosan timnas Indonesia ke semifinal tidak masuk akal” ujar Shin Tae Yong usai laga Piala AFF U-19 2022.

Diketahui Piala AFF U-19 2022 menerapkan aturan head to head, jika ada tiga tim atau lebih punya poin sama di fase grup, regulasi ini diaktifkan lantaran Indonesia, Vietnam, dan Thailand punya poin sama yakni 11.

Timnas Indonesia U-19 tidak bisa masuk semifinal karena kalah head to head ketika melawan Vietnam dan Thailand di laga sebelumnya. Adapun duel Thailand vs Vietnam di hari yang sama dengan Indonesia vs Myanmar berakhir dengan skor imbang 1-1.

Shin Tae Yong jelas menyebut hal itu merugikan Indonesia terlebih Indonesia ialah tim tersubur di Grup A dan tidak pernah kalah selama lima pertandingan, total gol yang dibuat timnas Indonesia ialah yang terbanyak yakni 17 gol dan hanya kebobolan gol dua kali.

Baca Juga : Timnas Indonesia Gagal Masuk Semifinal Piala AFF U-19 Meski Bantai Myanmar 5-1

STY juga mengecam laga Vietnam vs Thailand, sebagaimana diketahui kedua tim tersebut seolah tidak berniat menang dalam pertandingan laga terakhir grup A, mengingat jika mereka saling mengalahkan, Indonesia akan bisa masuk ke semifinal, begitu pula jika mereka berakhir dengan skor imbang 0-0.

Setelah mereka mendapat skor imbang 1-1, permainan berlanjut dengan membosankan, pemain seolah bertanding malas-malasan dan berjuang seadanya, tidak ingin menang agar Indonesia tidak masuk semifinal.

“Saya tersinggung dan tak senang dengan pertandingan Thailand vs Vietnam, mungkin mereka takut dengan timnas Indonesia, mereka merasakan kekuatan sepakbola Indonesia semakin baik” imbuhnya.

Namun Shin Tae Yong tidak lantas terus bersedih hati, ia optimis anak didiknya atau timnas Indonesia U-19 telah membuat permainan yang terbaik dan akan siap mengarungi laga ke depannya yakni Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

“Pastinya supporter dan para pewarta disini bisa melihat sepakbola Indonesia semakin baik, baik mental maupun fisik. Sepakbola Indonesia punya masa depan cerah, Indonesia akan lolos Piala Asia U-20 2023 dan menyajikan laga luar biasa di Piala Dunia U-20 2023” tutup Shin Tae Yong.