Heboh Video Ternak Lele Di Septic Tank Rumah, Ketahui Makanan Lele Sesungguhnya!

Media Sosial diramaikan dengan video budidaya lele di kloset dan septic tank rumah, warganet jadi resah dan khawatir. Mari ketahui makanan lele sesungguhnya!

Heboh Video Ternak Lele Di Septic Tank Rumah, Ketahui Makanan Lele Sesungguhnya!
Heboh video ternak lele di septic tank di rumah. Gambar : tiktok.com/@freaksjourney62

BaperaNews - Media sosial kembali digegerkan dengan video viral yang mengajarkan cara budidaya ternak lele di kloset rumah, video tersebut viral di Tiktok dan membuat berbagai warganet menjadi cemas dan ramai hujatan.

Dalam Video tersebut memperlihatkan cara budidaya lele di kloset rumah, seorang pembuat video memasukan lele di dalam kloset dan memanennya pada bulan ke-2 dengan cara memancing ikan tersebut dari septic tank.

Video tersebut tentu membuat kekhawatiran masyarakat karena menjadi trauma untuk mengkonsumsi Lele. Namun tak perlu khawatir, Peternak Lele yang sesungguhnya tak memberikan pakan Lele mereka dengan kotoran tentunya.

Memang benar dahulu makanan Lele dikenal sebagai ikan yang jorok dengan memakan apapun, namun kini teknik budidaya lele sudah jauh lebih modern dan higienis dan saat ini peternak lele juga bukan lagi industri kecil yang melakukan budidaya dengan cara sembarangan. 

Berikut Beberapa Makanan Lele yang Sesungguhnya: 

1. Pelet

Pelet merupakan pakan utama yang biasa digunakan para Peternak Lele untuk diberikan kepada Ikan Lele yang dibudidaya. 

Tak perlu khawatir, Pelet merupakan pakan yang dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan Lele Budidaya. Biasanya Pelet dibuat dari bahan aneka tepung, bungkil kedelai, bungkil kelapa, mineral, dedak, minyak dan berbagai tambahan vitamin lainnya. 

Baca Juga : Bukan Boneka, Bocah Laki - Laki Ini Peluk Ikan Asli Ketika Tidur

2. Magot

Magot atau biasa dikenal dengan Belatung menjadi sumber protein tinggi bagi ikan air tawar, eitsss tapi jangan khawatir. Mendengar kata “belatung” mungkin membuat kalian jijik dengan hewan tersebut. Namun Magot merupakan makanan alami bagi ikan karena memliki sumber protein tinggi.

3. Fermentasi Ampas Tahu

Ampas tahu sudah biasa dikenal sebagai pakan ternak, pakan sapi misalnya. Kandungan protein dalam ampas tahu membuat banyak peternak menggunakan ampas tahu sebagai sumber pakan untuk Lele budidaya mereka.

4. Ikan Rucah

Ikan rucah merupakan ikan yang berukuran kecil dan tidak bisa dikonsumsi manusia, biasanya ikan ini menjadi alternatif pakan lele karena memiliki harga yang terbilang murah.

Sebagian besar kalangan akan langsung mual ketika melihat video tiktok yang viral tersebut, tentu hal ini begitu meresahkan dan merugikan peternak dan para budidaya lele yang memang membangun usaha dengan jujur dan niat baik.

Meski demikian, kita juga perlu berhati-hati untuk mengkonsumsi makanan. Alangkah baiknya untuk membeli langsung Lele dari peternak atau budidaya lele di lingkungan sekitar. 

Baca Juga : Hilang 2 Hari, Anak Perempuan Ditemukan Tewas Di Septic Tank