Hasil Pertandingan Semifinal AFF U-19 2024 Indonesia Vs Malaysia

Timnas Indonesia U-19 berhasil melaju ke final Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Timnas Malaysia U-19 . Simak Berita Selengkapnya di sini!

Hasil Pertandingan Semifinal AFF U-19 2024 Indonesia Vs Malaysia
Hasil Pertandingan Semifinal AFF U-19 2024 Indonesia Vs Malaysia

BaperaNews - Timnas Indonesia U-19 berhasil melaju ke final Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Timnas Malaysia U-19 dengan skor tipis 1-0 di babak semifinal. 

Pertandingan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (27/7) malam WIB. Berikut hasil pertandingan Semifinal AFF U-19 2024 Indonesia Vs Malaysia.

Gol penentu kemenangan Garuda Muda tercipta pada menit ke-78 melalui tendangan Muhammad Alfharezzi Buffon. 

Tendangan Buffon yang membentur tiang gawang dan mengenai pemain belakang Malaysia, Muhammad Haziq Aiman, berbuah gol bagi Indonesia.

Pertandingan antara Indonesia vs Malaysia di babak pertama berjalan tanpa gol. Kedua tim bermain cukup agresif, namun belum ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Indonesia sempat mendapatkan peluang pada menit ketiga melalui sundulan Arkhan Kaka yang memanfaatkan lemparan jauh Muhammad Mufli Hidayat, namun upaya tersebut belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-11, Figo Denis mencoba peruntungan dari luar kotak penalti, tetapi tembakannya masih melebar dari gawang Malaysia. Beberapa menit kemudian, Jens Raven mendapatkan peluang emas dari jarak dekat, tetapi tembakannya masih bisa diblok oleh pemain belakang Malaysia.

Memasuki babak kedua, pelatih Indra Sjafri melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Rizki Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan, menggantikan Arkhan Kaka dan Figo Denis. Perubahan ini membawa dampak positif bagi tim Merah-Putih. 

Pada menit ke-55, Rizki Afrisal mendapatkan peluang emas, tetapi tendangannya masih bisa diantisipasi oleh kiper Malaysia, Muhammad Haziq Aiman.

Baca Juga : Welber Jardim Cedera Lutut Parah, Tinggalkan Stadion Pakai Kursi Roda

Indonesia terus menekan pertahanan Malaysia. Pada menit ke-64, Dony Tri mendapatkan peluang dari dalam kotak penalti, tetapi tendangannya masih bisa diblok oleh barisan belakang Malaysia hingga membuahkan tendangan sudut. 

Upaya dari Welber Jardim pada menit ke-68 juga belum berhasil menambah keunggulan, karena umpannya ke Jens Raven melambung jauh dari gawang.

Akhirnya, gol yang dinanti-nantikan terjadi pada menit ke-78. Dalam situasi kemelut di depan gawang, Muhammad Alfharezzi Buffon berhasil melepaskan tendangan yang mengenai tiang gawang dan memantul ke tubuh Muhammad Haziq Aiman sebelum masuk ke gawang Malaysia. 

Gol ini disambut sorak sorai oleh para pendukung Indonesia yang memenuhi Stadion Gelora Bung Tomo.

Memasuki lima menit akhir pertandingan, Malaysia mencoba menekan untuk menyamakan kedudukan, namun lini belakang Indonesia bermain solid dan mampu menghalau semua serangan lawan. 

Hingga peluit panjang berbunyi, Indonesia tetap unggul 1-0 dan memastikan diri melaju ke babak final.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-19 yang dilatih oleh Indra Sjafri akan berhadapan dengan Thailand di babak final. 

Thailand sebelumnya telah memastikan satu tempat di final setelah mengalahkan Australia di babak semifinal. Pertandingan final ini akan menjadi ajang pembuktian bagi Garuda Muda untuk meraih gelar juara.

Susunan Pemain:

Indonesia: Algiffari, Kadek Arel, Iqbal Gwijangge, Buffon, Dony Tri, Mufli, Welber Jardim, Figo Denis (Rizki Afrisal 46), Kafiatur Rizky (Toni Firmansah 74), Arkhan Kaka (Arlyansyah Abdulmanan 46), Jens Raven.

Malaysia: Muhammad Haziq Aiman, Muhammad Ridzwan, Muhammad Shafizan, Muhammad Zachary, Ariff Safwan, Danish Hakimi, Muhammad Khalil, Izzat Muhammad Syahrir (Abid Safaraz 70), Mohammad Haykal, Pavithran Gunalan, Muhammad Naim (Muhamad Faris Danish 70).

Baca Juga : Shin Tae-yong Terima Golden Visa dari Pemerintah Indonesia