Harga Gula di Jakarta Melonjak Tinggi, Capai Rp 17 Ribu Per Kg

Dalam sepekan terakhir, harga gula di Jakarta melonjak tinggi mencapai Rp 17.000 Per Kg. Simak selengkapnya!

Harga Gula di Jakarta Melonjak Tinggi, Capai Rp 17 Ribu Per Kg
Harga Gula di Jakarta Melonjak Tinggi, Capai Rp 17 Ribu Per Kg. Gambar : Borneoupdate.com

BaperaNews - Harga gula di Jakarta telah mengalami kenaikan signifikan dalam seminggu terakhir. Rata-rata harga gula per kilogramnya di pedagang eceran kini mencapai antara Rp 16.000 hingga Rp 17.000 per kilogram, dari biasanya di kisaran Rp 15.000. Kenaikan ini menjadi perhatian utama masyarakat, terutama para pedagang dan konsumen di ibu kota.

Salah satu pemilik toko distributor bahan pangan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengungkapkan bahwa harga per karung gula dengan berat 50 kg kini dijual seharga Rp 750.000, lebih tinggi daripada sebelumnya yang hanya Rp 650.000 per karungnya. Dengan harga tersebut, rata-rata harga gula per kilogramnya mencapai Rp 15.000-an.

Kenaikan harga gula ini dipicu oleh penurunan pasokan gula dari beberapa daerah, seperti Lampung. Selain itu, harga gula dasar impor, bahan utama dalam pembuatan gula konsumsi, juga naik di pasar global, dari sebelumnya Rp 1.800 per kilogram menjadi Rp 2.700 per kilogram.

Baca Juga : Harga Beras Naik! Menteri Tito: Makan Ubi dan Sorgum

Akibat kenaikan harga beberapa komoditas pangan, pembeli mengalami penurunan, terutama di kalangan pedagang eceran. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat, sebanyak 372 Kabupaten/Kota di Indonesia mengalami kelangkaan gula, dan harga gula meningkat.

Harga tertinggi tercatat di Papua sebesar Rp 21.165 per kilogram, sementara harga terendah di pulau Jawa sekitar Rp 14.893 per kilogram. Kondisi ini menunjukkan dampak nyata kenaikan harga gula pada tingkat lokal di berbagai wilayah di Indonesia.

Konsumen akan merasakan peningkatan harga produk-produk yang menggunakan gula sebagai bahan baku, seperti makanan dan minuman.

@baperanews.com Harga gula di Jakarta telah mengalami kenaikan signifikan dalam seminggu terakhir. Rata-rata harga gula per kilogramnya di pedagang eceran kini mencapai antara Rp 16.000 hingga Rp 17.000 per kilogram, dari biasanya di kisaran Rp 15.000 #gula #harganaik #viral #baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

Baca Juga : Beras Mahal, Pj Bupati Flores Timur Imbau Warga Jangan Makan Nasi Tiap Jumat