Hal Unik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Indonesia sukses menjadi juara cabang olahraga sepakbola SEA Games 2023. Kemenangan ini tidak didapat begitu saja, berikut hal unik kemenangan Indonesia di SEA Games 2023.

Hal Unik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023
Hal unik kemenangan timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Gambar : Dok. PSSI

BaperaNews - Timnas Indonesia U-22 sukses menjadi juara cabang olahraga sepakbola SEA Games 2023. Kemenangan ini tidak didapat begitu saja, ada perjuangan dari pemain, pelatih, maupun seluruh offisial di baliknya.

Indonesia tidak hanya diuji dalam hal skill sepakbola saja namun juga diuji mental, kesabaran, ketenangan, keberanian, hingga sportivitasnya. Yuk simak hal unik kemenangan timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Baca Juga : Urutan Juara Sepakbola SEA Games dari Tahun 1959 Sampai 2023

Hal Unik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 : 

  1. Indonesia Menang Dramatis 5-2 atas Thailand 

Timnas Indonesia U-22 disebut menang dramatis melawan Thailand di laga final SEA Games 2023 karena adanya sejumlah insiden di baliknya yakni hujan kartu. Total ada 7 gol tercipta, 7 kartu merah, dan 16 kartu kuning.

Permainan berjalan panas dan penuh ketegangan. Indonesia ciptakan 2 gol di babak pertama. Thailand samakan kedudukan jadi 2-2 di babak kedua. Wasit memutuskan perpanjangan waktu 2 kali 15 menit.

Disinilah timnas Indonesia U-22 berhasil membuat 3 gol tambahan, dalam kondisi fisik pemain yang telah lelah, ujian hujan kartu, hingga adanya bentrok antar official.

  1. Bentrok Antar Official

Hal unik kemenangan timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 selanjutnya ialah keributan di lapangan ketika Thailand samakan kedudukan 2-2.

Official Thailand melakukan selebrasi dengan datang ke bench Indonesia dan hal itu memicu keributan. Keributan kedua terjadi pada gol ketiga Indonesia yang diciptakan Irfan Jauhari.

Manajer Timnas Indonesia Sumardji bahkan dikeroyok oleh ofisial Thailand hingga terjatuh. Pada akhirnya official Thailand meminta maaf sambil menangis kepada Sumardji. Pihak FAT (persekutuan sepakbola Thailand) juga siap memberi sanksi pada insan sepakbolanya atas kejadian ini.

  1. Pemain Thailand Buang Medali

Salah satu anggota Timnas Thailand Jonathan Khemdee nampaknya masih tidak bisa terima ia dan tim dikalahkan oleh Indonesia di laga final hingga kebobolan 5 gol dan hanya mampu membuat 2 gol.

Pada acara ketika penyerahan medali di podium, nampak Khemdee tak mau dikalungkan medali perak, ia mengambil sendiri medali perak dan boneka dari panitia Kamboja. Setelahnya, ia melempar medali perak dan boneka tersebut ke arah penonton.

Sontak aksi Khemdee mendapat hujatan baik itu oleh warganet Kamboja, Indonesia, hingga Thailand sendiri karena dianggap tidak sportif dan tidak mau mengakui kekalahan.

Khemdee memang mendapat kartu merah di menit ke-102 karena melanggar dengan menendang wajah pemain Indonesia Rio Fahmi. Aksi Khemdee dikecam banyak pihak. Usai banyaknya kecaman datang, Khemdee menutup komentar di akun Instagramnya dan memutuskan rehat dari dunia sepakbola.

Lepas dari segala kejadian sepanjang laga final sepakbola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand tersebut, Indonesia menunjukkan telah mampu tunjukkan kekuatan dan rasa sportivitas terbaiknya.

Selamat untuk Timnas Indonesia U-22, seluruh tanah air bangga, semoga terus sukses dan raih prestasi lebih cemerlang ke depannya.

Baca Juga : Daftar Dugaan Adanya Kecurangan Kamboja di SEA Games 2023