Hadiri Sidang Lanjutan, Sandra Dewi Akui Tak Tahu Harvey Moeis Punya Bisnis Timah

Sandra Dewi mengungkapkan ketidaktahuannya terkait keterlibatan suami, Harvey Moeis, dalam bisnis timah di sidang kasus korupsi.

Hadiri Sidang Lanjutan, Sandra Dewi Akui Tak Tahu Harvey Moeis Punya Bisnis Timah
Hadiri Sidang Lanjutan, Sandra Dewi Akui Tak Tahu Harvey Moeis Punya Bisnis Timah. Gambar : Kolase Bangkapos.com / Kompas.com

BaperaNews - Sandra Dewi mengungkapkan bahwa dirinya tidak mengetahui keterlibatan sang suami, Harvey Moeis, dalam bisnis timah. Pengakuan ini disampaikan saat ia hadir dalam sidang lanjutan kasus korupsi tata niaga timah yang menyeret suaminya di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Kamis (10/10).

“Saya hanya tahu suami saya adalah pengusaha batu bara,” ujar Sandra Dewi kepada para wartawan.

Ia menegaskan bahwa sejak menikah, suaminya selalu dikenal sebagai pengusaha di sektor batu bara, bukan timah.

“Saya dari awal menikah pun selalu bilang ke teman-teman media, bahwa suami saya pengusaha tambang batu bara,” tambahnya.

Sandra Dewi menjelaskan bahwa Harvey Moeis tidak pernah menginformasikan kepadanya terkait kerja sama dengan PT Timah. Ia mengatakan bahwa suaminya hanya pernah menyebut ingin membantu seseorang yang ia hormati dalam bisnis tersebut.

“Suami saya cuma bilang ingin membantu salah satu orang yang dituakan. Dia tidak pernah bilang bekerja sama dengan BUMN,” kata Sandra Dewi dalam persidangan.

Menurut pengakuannya, andai sejak awal mengetahui Harvey Moeis berurusan dengan PT Timah, ia mungkin tidak akan memberikan persetujuannya.

Baca Juga: Sandra Dewi Akan Bersaksi di Sidang Kasus Timah Harvey Moeis

Sandra Dewi mengaku memiliki pandangan negatif terhadap kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berdasarkan cerita dari rekan-rekan pengusahanya yang memiliki pengalaman buruk.

Sandra Dewi mengungkapkan bahwa teman-temannya yang pernah bekerja sama dengan BUMN sering kali menghadapi risiko besar, bahkan berujung pada masalah hukum.

“Banyak teman-teman saya yang akhirnya berurusan dengan penegak hukum setelah bekerja sama dengan BUMN,” ucapnya.

Ia menegaskan bahwa jika dari awal mengetahui bahwa Harvey Moeis terlibat dalam bisnis timah atau bekerja sama dengan PT Timah, ia tidak akan memberikan izin.

"Saya tidak akan mengizinkan," tegasnya di depan majelis hakim.

Kasus ini bermula ketika Kejaksaan Agung RI mengumumkan keterlibatan Harvey Moeis dalam dugaan korupsi tata niaga komoditas timah yang terjadi di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah pada akhir Maret 2024.

Harvey Moeis diduga memainkan peran penting dalam memfasilitasi kegiatan pertambangan liar di wilayah tersebut, termasuk membantu mencari rekanan dalam penyewaan alat peleburan timah. Selain itu, ia juga dituding mengumpulkan keuntungan dari berbagai rekanan yang kemudian diserahkan ke PT Timah.

@baperanews.com Sandra Dewi mengungkapkan ketidaktahuannya terkait keterlibatan suami, Harvey Moeis, dalam bisnis timah di sidang kasus korupsi #harveymoeis #sandradewi ♬ suara asli - Bapera News

Baca Juga: Sebanyak 88 Tas Mewah Sandra Dewi berasal dari Uang Korupsi, Ada Dior & Hermes