Gempa Bumi 4,5 M Guncang Malang, Pusat Gempa Berada di Laut

Gempa bumi magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Malang pada 13 Agustus 2024.

Gempa Bumi 4,5 M Guncang Malang, Pusat Gempa Berada di Laut
Gempa Bumi 4,5 M Guncang Malang, Pusat Gempa Berada di Laut. Gambar : Ilustrasi Canva

BaperaNews - Gempa bumi dengan magnitudo 4,5 mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Selasa, (13/8), pukul 10:03 WIB.

Pusat gempa berada di laut, tepatnya 109 km tenggara Kabupaten Malang, dengan kedalaman mencapai 14 kilometer. Informasi ini disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Malang melalui keterangan resminya.

BMKG menyebutkan bahwa gempa terjadi pada koordinat 9.12 LS dan 112.62 BT, yang berlokasi di wilayah tenggara Kabupaten Malang.

Meski berada di laut, hingga saat ini belum ada laporan resmi mengenai kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Pihak BMKG juga belum memastikan apakah gempa ini dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga: Bahaya Mengintai, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Megathrust di Selat Sunda dan Mentawai Tinggal menunggu Waktu

“Kedalaman gempa mencapai 14 km, dan saat ini kami masih memantau kemungkinan adanya gempa susulan,” ujar perwakilan BMKG dalam keterangannya.

Untuk mengantisipasi dan meminimalisir risiko akibat gempa, BMKG mengingatkan pentingnya mengikuti panduan keselamatan baik sebelum, saat, maupun setelah gempa terjadi. 

BMKG juga mengingatkan bahwa gempa Malang dengan magnitudo kecil seperti ini sering kali diikuti oleh gempa susulan.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan tetap waspada dan siap menghadapi situasi darurat. Mengikuti panduan keselamatan dan mempersiapkan diri dengan baik adalah langkah penting untuk melindungi diri dan keluarga dari dampak gempa bumi.

Baca Juga: Breaking News! Gempa 7,1 Magnitudo Guncang Jepang, Berpotensi Tsunami