Gangguan Pencernaan ? 5 Makanan Sehat Ini Bisa untuk Pencegahan

Berikut daftar 5 makanan sehat sebagai pencegahan dari gangguan pencernaan seperti maag dan membuatmu tetap sehat

Gangguan Pencernaan ? 5 Makanan Sehat Ini Bisa untuk Pencegahan
Ilustrasi Apel, Gambar : Louis Hansel/ Unsplash.com

BaperaNews - Menjalankan gaya hidup sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Salah satunya adalah dengan menjaga kondisi kesehatan sistem pencernaan. Untuk bisa menjaganya, terdapat beragam makanan yang baik untuk pencernaan yang bisa kalian konsumsi sehari – hari.

Apa sajakah makanan yang bisa membantu mencegah gangguan pada sistem pencernaan?

1.Yogurt

Bakteri baik yang terdapat pada yogurt bisa membantu dalam proses pencegahan gangguan pada sistem pencernaan kalian. Bakteri baik bernama probiotik aman untuk berbagai usia mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Yogurt sendiri dibuat dari proses fermentasi susu.

Pada umumnya, probiotik akan hidup di dalam saluran pencernaan sehingga mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti halnya diare, sembelit atau pun kembung.

2. Apel

Buah apel, meskipun memiliki tekstur yang lumayan keras, namun banyak yang suka. Kandungan pektin dalam buah apel, ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Keberadaan pektin yang masuk ke dalam saluran pencernaan akan dipecah oleh bakteri – bakteri baik.

Dari proses tersebut, mampu merangsang saluran pencernaan untuk lebih banyak lagi memproduksi tinja. Jadi, sisa – sisa makanan yang tidak ada manfaatnya akan keluar dalam bentuk tinja. Dengan demikian, saluran pencernaan pun bisa menjadi bersih dan tak terdapat gangguan.

3. Biji Chia

Biji Chia terkenal akan kandungan seratnya yang tinggi. Banyak orang mengolahnya untuk campuran salad, toping kue atau bahkan desert. Biji Chia bisa memicu produksi gelatin sehingga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Zat gelatin sendiri mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan probiotik. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, buang air besar bisa lancar.

4.Pepaya

Pepaya juga dikenal kaya akan serat. Kandungan enzim papain yang baik untuk pencernaan bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan itu sendiri. Serat protein yang dipecah di dalam usus, akan membantu mengatasi sembelit atau pun kembung.

5.Tempe

Kedelai yang merupakan bahan utama untuk membuat tempe, mempunyai kandungan probiotik tinggi layaknya yogurt. Sehingga mampu menjaga kondisi pencernaan dari masalah seperti diare atau pun kembung.

Beberapa makanan sehat di atas bisa kalian coba untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sehari – hari. Agar lebih lezat, mengolahnya menjadi beragam menu favorit akan lebih nikmat dan menggunggah selera makan kalian.