FIFA Telah Resmi Merilis Maskot Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

Maskot piala dunia U-20 2023 Indonesia telah resmi dirilis Fifa, Bacuya terinspirasi dari hewan badak Jawa khas Indonesia yang kini telah terancam punah

FIFA Telah Resmi Merilis Maskot Piala Dunia U-20 2023 Indonesia
FIFA resmi merilis Maskot Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Gambar : PSSI

BaperaNews - Maskot Piala Dunia U-20 2023 Indonesia telah resmi dirilis pada Minggu pagi (18/9), adapun ajang Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei - 11 Juni 2023 mendatang.

Kepastian peresmian maskot Piala Dunia U-20 2023 diumumkan oleh media sosial FIFA yang menjadi operatornya.

FIFA mengumumkan kabar tersebut dengan tayangan video maskot yang diberi nama Bacuya.

Bacuya sendiri ialah hewan badak Jawa khas Indonesia yang kini telah terancam punah. “Perkenalkan, badak Jawa dan maskot Piala Dunia U-20 2023 Indonesia” tulisnya.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyebut Bacuya ialah badak bercula jawa. Dalam peluncurannya di Car Free Day Bundaran HI Jakarta, turut serta sosok boneka Bacuya. Bacuya dipilih menjadi maskot Piala Dunia U-20 2023 karena identik dengan nuansa khas Indonesia.

Bacuya punya satu tanduk yang menyala dan berwarna-warni, ikon ini disematkan sebagai mercusuar dan lambang pendorong talenta terbaik yang bertanding di Piala Dunia U-20.

Diketahui badak Jawa ini memang hewan asli Indonesia yang hanya hidup di Indonesia dan satu-satunya di dunia. Iriawan menyebut Bacuya ini selaras dengan logo Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga : Indonesia Lolos Piala Asia U-20 2023, Usai Kalahkan Vietnam 3-2

Bacuya berwarna ungu, memakai baju warna merah dengan tulisan Indonesia di dadanya. Maskot Piala Dunia U-20 2023 Bacuya juga memakai celana warna putih, di kaki kanan, tertulis nomor 23 yang menandakan tahun diadakannya Piala Dunia U-20 Indonesia.

Sebelumnya FIFA juga telah meluncurkan logo Piala Dunia U-23 Indonesia pada Rabu (17/8) lalu bertepatan dengan HUT RI, logo berupa trofi Piala Dunia dengan globe di bagian atasnya, globe tersebut dominan warna merah dengan corak tambahan warna biru laut, putih, dan hijau.

Warna merah putih melambangkan bendera Indonesia, warna biru menggambarkan lautan luas Indonesia, dan warna hijau identik dengan alam indah Indonesia. Di tengah globe, ada segilima yang bermakna gelaran Piala Dunia untuk lima benua yang ada di muka bumi ini.

Secara menyeluruh, makna logo Piala Dunia ingin menyampaikan semangat, keragaman, dan aura perayaan dari kompetisi sepakbola di jantung Asia Tenggara.

“Ini akan jadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di Indonesia, peluncuran logo resmi jadi tonggak sejarah yang menarik di perjalanan ini” ujar Direktur FIFA Jaime Yarza.

Baca Juga : Arti Dan Makna Logo Piala Dunia U-20 2023 Indonesia