FIFA Resmi Bekukan Sepakbola India, Ini Alasannya!

FIFA membekukan Federasi Sepakbola India pada Selasa (16/8), Dengan ini timnas India batal ikut Piala Asia 2023 dan dilarang berlaga di pertandingan internasional

FIFA Resmi Bekukan Sepakbola India, Ini Alasannya!
FIFA resmi bekukan sepakbola India. Gambar : Olympics

BaperaNews - FIFA membekukan Federasi Sepakbola India (AIFF) karena adanya intervensi pihak ketiga yang melanggar Statuta FIFA pada Selasa (16/8). FIFA mengumumkan hal tersebut melalui situs resminya.

Anggota FIFA Wajib Bebas dari Politik dan Hukum

FIFA membekukan AIFF usai pengadilan tertinggi India membubarkan AIFF pada Mei lalu dan menunjuk Komite Administrator yang diisi oleh tiga anggota untuk mengatur olahraga sepakbola Negara tersebut.

Namun kebijakan tidak sesuai dengan status FIFA sebab tiap anggota federasi FIFA diwajibkan bebas dari campur tangan politik dan hukum.

“Penangguhan akan dicabut usai pemerintah membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan komite AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapat kendali penuh atas urusan AIFF” tulis FIFA.

FIFA juga terus berkomunikasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga India dan berharap bisa temukan hal positif untuk penyelesaiannya.

Tidak Ada Pemilihan Pemimpin Baru di AIFF

AIFF dinilai perlu dibenahi dan saat dijalankan oleh ketua administrator usai Ketua Praful Patel menjabat di luar masa jabatannya tanpa pemilihan yang baru yang dianggap tidak sah oleh pengadilan.

Di awal bulan Agustus ini, pengadilan tertinggi India meminta segera dilakukan pemilihan dan menyatakan komite terpilih jadi badan intern selama tiga bulan.

Baca Juga : Timnas Indonesia U-16 Dapat Bonus Rp 1,38 Miliar Usai Menang Piala AFF U-16 2022

Pemilihan AIFF seharusnya digelar pada Desember 2020 silam namun ditunda karena masalah kebuntuan dalam amandemen konstitusi. FIFA dan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pun mengirim tim khusus yang dipimpin oleh Jenderal AFC Windsor John untuk bertemu dengan para pemangku kepentingan sepakbola India.

Hal ini dimaksudkan untuk menyerahkan peta jalan agar AIFF bisa mengamandemen status mereka hingga akhir Juli dan kemudian mengadakan pemilihan selambatnya 15 September 2022.

Dampak Pembekuan AIFF Oleh FIFA

Dampak pembekuan AIFF oleh FIFA diantaranya timnas India batal ikut Piala Asia 2023 padahal timnas India sudah berhasil menang di laga kualifikasi Grup D.

India tidak boleh berlaga di pertandingan internasional seperti agenda FIFA Matchday dan AFC Cup 2022 pada September 2022 mendatang, serta India dipastikan batal menggelar Piala Dunia Wanita U-17 2022 yang seharusnya dimulai Oktober 2022 mendatang.

Para pemangku kebijakan AIFF harus menyelesaikan masalah agar sepakbola setempat bisa kembali bergulir.

Baca Juga : Marc Marquez Akan Comeback Di MotoGP 2022, Ini Jadwalnya!