Fahd A Rafiq Dukung Perkembangan Game Lokal Lewat Kompetisi Olahraga Esport Nasional

Game lokal Indonesia semakin diapresiasi dan didukung, memperlihatkan potensi besar bagi pertumbuhan ekonomi. Baca selengkapnya di sini!

Fahd A Rafiq Dukung Perkembangan Game Lokal Lewat Kompetisi Olahraga Esport Nasional
Fahd A Rafiq Dukung Perkembangan Game Lokal Lewat Kompetisi Olahraga Esport Nasional. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Pekan Olahraga dan E-Sports Nasional (Pepernas) telah resmi dimulai pada minggu dan banyaknya Game Developer yang ada menyempatkan mereka untuk saling berbincang dan melakukan brainstorming bersama.

Apresiasi harus dilakukan untuk potensi game lokal untuk menjadi penopang ekonomi baru Indonesia di tengah gempuran game esports luar negeri yang sudah terkenal.

Ia menilai anak muda kreatif Indonesia telah berhasil mengembangkan game dengan memperhatikan kearifan lokal.

Ketua Umum DPP Bapera menanggapi peran para developer di Indonesia yang di mana berharap dapat membuat game lokal lebih luas dimainkan di dunia di masa depan nanti.

“Game lokal perlu didukung dan diperkenalkan lebih luas agar dimainkan lebih banyak orang dan di masa depan harus bisa merambah kancah internasional,” ujar Fahd A Rafiq, Senin (11/12).

Sejalan dengan itu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produksi Kreatif Kemenparekraf juga memberikan apresiasi atas diselenggarakannya Pepernas.

Menurutnya, kegiatan ini dapat membangun ekosistem game dan esports secara bersama.

Dengan dukungan pemerintah yang kuat, para pengembang game lokal optimistis produk buatan anak bangsa bisa bersaing dan populer di pasar global.

Contoh suksesnya adalah game Lokapala yang kini memiliki lebih dari 10 juta pemain.

"Kami berharap akan muncul lebih banyak game nasional yang dipertandingkan, baik di tingkat nasional maupun daerah. Sehingga kita bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri," ujar Fahd A Rafiq, Senin (11/12).

Beberapa tantangan juga masih dihadapi industri game Tanah Air, mulai dari minimnya modal, hingga kurangnya talenta game developer.

Untuk itu, kolaborasi multidisiplin dan ekosistem game yang sehat sangat dibutuhkan.

Lewat ajang Pepernas, diharapkan masyarakat juga mulai hobi bermain game buatan anak negeri dan turut membesarkan komunitas gamers Tanah Air.

Sehingga ke depannya, Indonesia bisa menjadi kekuatan baru dalam industri game global.

Penulis : Ahmad G