Fahd A Rafiq Mendukung Untuk Memajukan Smart Forest City

Menteri PUPR dan Menteri Perekonomian Finlandia membahas potensi kerja sama dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Simak selengkapnya di sini!

Fahd A Rafiq Mendukung Untuk Memajukan Smart Forest City
Fahd A Rafiq Mendukung Untuk Memajukan Smart Forest City. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menerima kunjungan Menteri Perekonomian Finlandia, Wille Rydman, dan perwakilan 19 perusahaan asal Finlandia di Kantor Kementerian PUPR pada Senin (29/1).

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas potensi kerja sama dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya terkait teknologi dan energi terbarukan untuk mewujudkan visi IKN sebagai smart forest city.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyebutkan bahwa Finlandia akan memberikan kontribusi besar untuk membuat IKN menjadi smart city.

"Finlandia, sebagai negara pionir di bidang digitalisasi, tentu akan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan smart city di IKN. Ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam memajukan sektor teknologi dan energi terbarukan,” ujar Fahd A Rafiq, Kamis (1/2).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Basuki menyampaikan bahwa pihaknya tengah mengembangkan sistem untuk mengoperasikan semua infrastruktur di IKN melalui satu command center, sehingga pelayanan dapat terintegrasi dan optimal. Ia berharap Finlandia, sebagai salah satu negara paling terdigitalisasi, dapat membantu dalam pengembangan sistem ini.

Selain itu, Menteri Basuki juga mengharapkan Finlandia dapat mengirimkan tenaga ahli untuk ikut mengawasi proses pembangunan di IKN.

"Saat ini kami sudah memiliki kurator dan beberapa tenaga ahli lainnya yang mengawasi dan mengevaluasi seluruh proses pembangunan infrastruktur di IKN. Kami harap Finlandia juga dapat mengirimkan setidaknya satu orang tenaga ahli," tambahnya.

“Semoga kerja sama ini berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi kemajuan negara," ujar Fahd A Rafiq, Kamis (1/2).

Menteri Perekonomian Finlandia, menyampaikan bahwa 50 perusahaan terkemuka dari Finlandia melihat potensi besar pada pembangunan IKN dan tertarik untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam pengembangan smart city di IKN.

Dengan sinergi antara Indonesia dan Finlandia, diharapkan pembangunan Ibu Kota Nusantara dapat menjadi contoh smart city yang inovatif dan berkelanjutan, menonjolkan pemanfaatan teknologi dan energi terbarukan untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Penulis : AG