Pemerintah Mendorong Untuk Wujudkan SDM Unggul Raih Visi Indonesia Emas 2045, Fahd A Rafiq: Indonesia Akan Memiliki Talenta Digital Terampil di 2045

Pemerintah dan sektor swasta menghadirkan infrastruktur digital untuk mendukung pertumbuhan talenta digital.

Pemerintah Mendorong Untuk Wujudkan SDM Unggul Raih Visi Indonesia Emas 2045, Fahd A Rafiq: Indonesia Akan Memiliki Talenta Digital Terampil di 2045
Pemerintah Mendorong Untuk Wujudkan SDM Unggul Raih Visi Indonesia Emas 2045, Fahd A Rafiq: Indonesia Akan Memiliki Talenta Digital Terampil di 2045. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Transformasi menyeluruh menjadi keniscayaan bagi Indonesia untuk mewujudkan visi menjadi negara maju pada 2045.

Termasuk kemampuan merespons perkembangan teknologi digital melalui peningkatan keterampilan SDM yang relevan.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa pondasi harus segera dibangun agar Indonesia nantinya dapat menjadi negara maju.

"Anak-anak bangsa harus terus diasah kompetensinya agar menjadi talenta digital terbaik dan berdaya saing global, kemudia juga platform dan ekosistem digital yang tumbuh pesat saat ini seharusnya akan membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat," ujar Fahd A Rafiq, Senin (11/12).

Pemerintah tengah mengakselerasi pembangunan infrastruktur digital, seperti jaringan fiber optic Palapa Ring, penambahan BTS, dan pemanfaatan satelit multifungsi.

Langkah ini untuk mendorong terciptanya 9 juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan, dengan bantuan mitra swasta seperti Apple dan Microsoft.

Menko Airlangga Hartarto menyebut Indonesia harus memaksimalkan potensi melalui 4 strategi: bonus demografi, digitalisasi, inovasi, dan kewirausahaan.

Generasi muda sebagai ujung tombak perubahan memiliki potensi mengubah wajah ekonomi lewat ide-ide inovatif.

Juru Bicara Kemenko Perekonomian menekankan peran penting generasi muda dalam menentukan masa depan perekonomian Indonesia.

Mereka dituntut membangun optimisme dan menjaga ketahanan ekonomi nasional.

“Bersama-sama, kita tingkatkan kapasitas SDM Indonesia hingga menjadi talenta digital terampil yang siap bersaing global. Wujudkan visi Indonesia Emas 2045 di era teknologi maju ini,” ujar Fahd A Rafiq, Senin (11/12).

Asdep Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian Theodore Sutarto menilai digitalisasi penting bagi UMKM.

Contohnya, kemudahan akses pembayaran QRIS dan program pembiayaan seperti KUR mendorong perkembangan UMKM.

Melalui beragam program, Pemerintah berupaya mencetak SDM unggul yang mampu mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Seperti Akademi Kepemimpinan Digital dan Beasiswa Talenta Digital. Generasi muda harus siap menggantikan tongkat estafet kepemimpinan nasional di masa mendatang.

Penulis : Ahmad G