Fahd A Rafiq Apresiasi Peran Mitra Prakerja Kembangkan Skill Masa Depan

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa Prakerja menjadi salah satu pembantu peran untuk mengembangkan skill di masa depan SDM Indonesia.

Fahd A Rafiq Apresiasi Peran Mitra Prakerja Kembangkan Skill Masa Depan
Fahd A Rafiq Apresiasi Peran Mitra Prakerja Kembangkan Skill Masa Depan. Gambar: Fahd A Rafiq. Doc: Istimewa

Bapera News - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan ratusan alumni dan mitra pelaksana program Prakerja.

Dalam kunjungan tersebut, pemerintah mengapresiasi peran lembaga kursus dan pelatihan yang telah membantu kembangkan skill masa depan SDM Indonesia lewat program unggulan ini.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa Prakerja menjadi salah satu pembantu peran untuk mengembangkan skill di masa depan SDM Indonesia.

"Kartu Prakerja bertujuan meningkatkan keterampilan, mengurangi pengangguran, dan mendukung pemberdayaan individu dalam menghadapi tuntutan pasar kerja yang terus berkembang." Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (9/12).

Baca Juga : Fahd A Rafiq Mendukung Pemerintah Luncurkan Buku Putih Strategi Nasional Ekonomi Digital 2030

Hingga kini Prakerja yang mulai digelar pada 2020 lalu sudah menjangkau 17,5 juta orang lewat 62 gelombang pelatihan. Salah satu kunci sukses program ini adalah kerja sama dengan ribuan lembaga kursus dan pelatihan yang menyediakan materi pelatihan berkualitas.

Di Kota Surakarta misalnya, jumlah pendaftar Prakerja mencapai 291 ribu dan peserta yang lolos 26 ribu orang. Salah satu mitra Prakerja yang turut hadir dalam pertemuan ini adalah LPK Dian Nusantara yang fokus di bidang teknologi informasi.

Selain mitra pelaksana, Menko Airlangga juga menyempatkan berbincang dengan para alumni Prakerja yang kini telah sukses berwirausaha atau bekerja di bidang keahlian masing-masing. Mereka salah satunya adalah Rofi, pemilik usaha servis laptop di Solo.

"Melalui Kartu Prakerja, kami berharap setiap pengguna dapat menemukan peluang baru, mengasah keterampilan, dan meraih kesuksesan dalam merespon dinamika pasar kerja. Semangat belajar dan berkembang, karena masa depan yang lebih baik ada di tangan Anda." Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (9/12).

Contoh sukses alumni seperti Rofi ini menunjukkan bahwa program Prakerja tepat sasaran dalam mempersiapkan SDM unggul Indonesia yang siap bersaing di masa depan. Kini di tahun 2023, peserta pelatihan offline Prakerja telah melampaui 1 juta orang.

Baca Juga : Presiden Jokowi Salurkan Bantuan Pangan untuk Rakyat NTT, Fahd A Rafiq: Ketahanan Pangan Indonesia dengan Adanya Musim Hujan di Beberapa Tempat Menjadi Keuntungan

Penulis : Ahmad G