Elon Musk Ancam Gugat Meta Tentang Threads, Diduga Jadi Aplikasi Tiruan

Baru-baru ini Meta luncurkan media sosial baru bernama Threads yang memiliki penampilan lebih simple mirip Twitter. Hal itu membuat bos Twitter, Elon Musk akan gugat Threads.

Elon Musk Ancam Gugat Meta Tentang Threads, Diduga Jadi Aplikasi Tiruan
Elon Musk ancam gugat Meta tentang Threads. Gambar : Reuters/Dok. Dado Ruvic

BaperaNews - Baru-baru ini Meta luncurkan media sosial baru bernama Threads. Threads menarik minat luar biasa dari warganet seluruh dunia. Di hari pertama peluncurannya, Threads telah digunakan dan diunduh oleh lebih dari 30 juta pengguna.

Hal ini karena Threads tawarkan hal berbeda, yakni followers dan orang yang difollow di Instagram akan otomatis masuk ke Threads, sehingga pengguna tak perlu mencari pertemanan atau menjalin komunitas dari nol. Karena itulah pengguna Instagram berbondong-bondong membuat akun baru mereka di Threads.

Threads saat ini telah memiliki puluhan juta pengguna, bahkan pada Kamis (6/7), Threads berada di puncak daftar aplikasi gratis di iOS yang paling banyak diunduh hanya beberapa saat setelah peluncurannya.

Threads sendiri punya penampilan lebih simple mirip Twitter. Tampil dengan beranda berdominan tulisan layaknya cuitan di Twitter. Hal ini membuat bos Twitter, Elon Musk gerah hingga berujung Elon Musk gugat Threads.

Elon Musk mengancam akan menggugat Meta atas tuduhan mencuri rahasia bisnis dan kekayaan intelektual untuk operasional Threads.

Alex Spiro, pengacara Twitter menyebut Elon Musk gugat Threads telah mengirim surat resmi kepada Bos Meta, Mark Zuckerberg bahwa Meta mencuri rahasia perusahaan Twitter dan mempekerjakan mantan karyawan Twitter dimana menurut Elon hal ini sebuah tindakan pelanggaran hukum yang disengaja.

“Meta diduga telah lakukan penyalahgunaan rahasia dagang dan kekayaan intelektual Twitter secara disengaja, sistematis, dan melanggar hukum” isi surat tersebut yang disampaikan oleh Alex Spiro pada Jumat menindaklanjuti Elon Musk gugat Meta (7/7).

Baca Juga : Meta Luncurkan Fitur Threads untuk Instagram dan Facebook

Alex Spiro juga menyebut Meta sengaja merekrut dan menyimpan dokumen elektronik yang berhubungan dengan Twitter dimana mantan karyawan Twitter tersebut yang ikut berperan mengembangkan Threads.

“Maka Twitter berencana tegakkan hukum terkait kekayaan intelektual perusahaan dan meminta Meta berhenti memakai berbagai rahasia dagang atau rahasia informasi lainnya yang dimiliki Twitter” tegas Alex Spiro sesuai arahan Elon Musk gugat Meta.

Elon : Persaingan Boleh, Tapi Curang Tidak

Elon Musk gugat Threads juga menegaskan adanya surat resmi ke Mark terkait Threads yang dianggap meniru Twitter. Elon membuat cuitan sindiran untuk Mark Zuckerberg.

“Persaingan boleh saja, tapi curang tidak” cuit Elon Musk. 

 

Meta : Tidak Ada Karyawan Twitter di Threads

Menanggapi tuduhan yang disampaikan Twitter, Meta melalui Jubirnya Andy Stone mengungkap sama sekali tidak ada mantan karyawan Twitter yang dipekerjakan di Threads ataupun ikut mengembangkan Threads.

“Tidak ada satupun mantan pegawai Twitter yang terlibat pada pengembangan Threads” tutur Andy Stone di akun resmi Threadsnya menanggapi Elon Musk gugat Meta.

Baca Juga : Pertarungan Tinju Mark Vs Elon Musk Resmi Bakal Digelar di Colosseum