Doa Memulai Pekerjaan, Diamalkan Sebelum Bekerja Agar Pikiran Lancar

Amalkan doa-doa yang dipilih secara khusus di sini untuk membantu memulai setiap pekerjaan dengan penuh semangat dan keberkahan.

Doa Memulai Pekerjaan, Diamalkan Sebelum Bekerja Agar Pikiran Lancar
Doa Memulai Pekerjaan, Diamalkan Sebelum Bekerja Agar Pikiran Lancar. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Dalam berbagai tradisi keagamaan, doa merupakan praktik spiritual yang dianggap penting dalam memulai suatu aktivitas, termasuk dalam dunia kerja.

Doa memulai pekerjaan menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi banyak individu, terutama bagi umat Muslim. Doa ini diyakini membawa berkah dan memastikan lancarnya perjalanan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Doa Memulai Pekerjaan

Dalam ajaran Islam, doa memulai pekerjaan dianggap sebagai langkah penting sebelum memulai aktivitas kerja. Berikut adalah doa yang sering dipanjatkan sebelum memulai pekerjaan:

أَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Latin:

"Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du'aa'i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa'daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaan-Mu dan pemberian-Mu, rezeki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atas pengabulan doa, dan Engkau adalah Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustakan janji-Mu. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintainya dan mudahkanlah bagi kami. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadapnya dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan."

Baca Juga : 

Doa Setelah Bekerja

Tak hanya doa sebelum memulai pekerjaan, doa setelah selesai bekerja juga menjadi praktik yang dianjurkan. Doa ini membawa harapan akan kelancaran dan kesuksesan dalam hasil kerja yang telah dilakukan.

اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَ

Latin:

"Allahuma innii a'uudzubika an adhilla, au udhalla, au azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala 'alayya."

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi."

Hadits Doa dan Pekerjaan

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani dan Al-Bazzar, Nabi Muhammad SAW menekankan pentingnya memulai hari dengan mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan.

Beliau bersabda, "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat berkah dan keberuntungan."

Doa memulai pekerjaan dan doa setelah bekerja menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim. Dengan memanjatkan doa-doa ini, diharapkan rezeki yang dicari akan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Dengan mengamalkan doa sebelum kerja, umat Muslim diingatkan untuk senantiasa bersyukur atas rezeki yang diberikan serta menjalankan pekerjaan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab.

Ketika ditanya tentang pentingnya doa dalam kehidupan sehari-hari, seorang penggiat kegiatan sosial, Ahmad, menyatakan, "Doa adalah bentuk komunikasi langsung dengan Sang Pencipta.

Berdoa sebelum dan setelah bekerja, kita menunjukkan ketergantungan dan ketundukan kita kepada Allah SWT serta memohon petunjuk dan keberkahan-Nya dalam setiap langkah yang kita ambil."

Dengan demikian, doa memulai pekerjaan bukan hanya sekadar ritual, namun juga menjadi bentuk pengakuan atas ketergantungan manusia kepada Sang Pencipta dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam dunia kerja.

Baca Juga :