Doa Agar Tidak Mudah Lupa, Baca Ini Agar Tidak Pikun

Doa menjadi kunci untuk menjaga ingatan tetap tajam. Baca doa agar tidak mudah lupa di sini!

Doa Agar Tidak Mudah Lupa, Baca Ini Agar Tidak Pikun
Doa Agar Tidak Mudah Lupa, Baca Ini Agar Tidak Pikun. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Doa agar tidak mudah lupa merupakan salah satu praktik spiritual yang diajarkan dalam Islam. Lupa adalah sifat manusiawi yang umum, namun Islam mengajarkan umatnya untuk melatih ingatan dan memohon kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan ingatan yang kuat. 

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT secara tegas memerintahkan umatnya untuk senantiasa mengingat-Nya, sebagai bagian dari ketakwaan.

Mengutip dari NU Online, Nabi Muhammad SAW. pernah memberikan doa kepada seorang laki-laki yang mengeluh sering lupa. Beliau mengajarkan doa agar tidak mudah lupa yang sangat dianjurkan untuk dibaca setiap hari:

 اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ

Latin:

“Alâhumma ij’al nafsî muthmainnatan, tu’minu bi liqâika wa tardlâ bi qadlâika.”

Artinya:

"Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan."

Baca Juga : Doa Agar Diberi Kemenangan, Diamalkan Insyallah Diberi Kelancaran dan Jadi Pemenang

Selain itu, doa agar tidak pikun dan kehilangan ingatan juga terdapat dalam Al-Qur’an, khususnya dalam surah Al-Baqarah ayat 286:

 رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Latin:

“Rabbana wala tuhammilna maa laa thaaqata lanaa bihii, wa'fu 'annaa waghfirlanaa warhamnaa. Anta maulaanaa fanshurnaa 'alal qaumil kaafiriin.”

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.” 

Doa agar tidak pikun ini merupakan permohonan kepada Allah SWT agar tidak diuji atau dihukum ketika manusia lupa atau melakukan kesalahan. Dalam Islam, kekuatan ingatan dipandang sebagai nikmat dari Allah SWT yang perlu dipelihara.

Dalam praktiknya, umat Islam juga diajarkan untuk memohon kepada Allah SWT dengan doa agar tidak mudah lupa lainnya, seperti:

يَا قَيُّوْم فَلَا يَفُوُتُ شَيْءٌ مِنْ عِلْمِهِ وَلَايَئُودُهُ

Latin:

“Yaa 'allaamal ghuyub falaa syaiun yafuutuhu min 'ilmihii min 'ilmihi wala yauduhu.”

Artinya:

"Wahai dzat yang Maha Mengetahui segala yang ghaib, maka tiada sesuatupun yang luput dari pengetahuan-Nya dan semuanya itu tidak menyusahkanNya."

Doa agar tidak mudah lupa ini mengingatkan umat Islam akan keagungan dan kebijaksanaan Allah SWT yang mengetahui segala hal, termasuk keadaan yang tersembunyi.

Mengingat doa merupakan bagian penting dalam kehidupan seorang muslim, penggunaan doa agar tidak mudah lupa seharusnya menjadi bagian rutin dalam aktivitas sehari-hari. 

Selain doa, melatih ingatan dengan membaca Al-Qur’an, berzikir, dan memperbanyak ibadah juga merupakan cara yang dianjurkan dalam Islam.

Baca Juga : Doa Meluluhkan Hati Orang yang Kita Cintai, Agar Crush Menyukai Balik