Doa Melupakan Mantan, Ampuh untuk yang Gagal Move On!

Gagal move on dari mantan? Simak doa yang bisa membantu kamu melepaskan mantan dan memulai babak baru dalam hidup.

Doa Melupakan Mantan, Ampuh untuk yang Gagal Move On!
Doa Melupakan Mantan Ampuh untuk yang Gagal Move On. Gambar : pexels.com/Dok. Rulo Davila

BaperaNews - Putus cinta seringkali menjadi momen yang penuh tantangan dan kesedihan. Dalam perspektif Islam, ini dapat dianggap sebagai ujian dan kesempatan untuk melakukan hijrah ke arah yang lebih baik. 

Kali ini, Bapera News akan membahas doa melupakan mantan dan dan cara move on dari mantan pacar dalam ajaran Islam.

Doa Melupakan Mantan dan Cepat Move On

Dalam menghadapi perasaan cinta yang sulit dikendalikan, Islam menawarkan solusi melalui doa. Rasulullah SAW memberikan gambaran bahwa hati manusia adalah seperti lembaran bulu di atas tanah yang terombang-ambing oleh angin. Oleh karena itu, salah satu doa melupakan mantan yang dianjurkan adalah:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ"

Latin:

"Yâ muqallibal qulûb tsabbit qalbî ‘alâ dînika."

Artinya:

"Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu." (HR al-Nasai’)

Baca Juga : 5 Doa Agar Wajah Cantik Glowing Seperti Bidadari

Setelah membaca doa agar lupa mantan tersebut, sambungkan dengan doa dari Al-Qur’an berikut: 

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Latin:

"Rabbanâ lâ tuzigh qulûbanâ ba‘da idz hadaitanâ wahablanâ min ladunka rahmatan innaka anta-l-wahhâb."

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha-Pemberi (karunia)." (Ali ‘Imran [3]: 8).

Rasulullah juga mengajarkan untuk memohon agar hati senantiasa diarahkan kepada ketaatan kepada Allah SWT:

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ

Latin:

"Allâhumma, musharrifal qulûb sharrif qulûbanâ ilâ thâ‘atika"

Artinya:

"Ya Allah, Dzat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu." (HR Muslim)

Doa-doa melupakan mantan ini dapat membantu seseorang dalam menjaga hatinya dan mengendalikan perasaan cinta yang sulit diatasi.

Selain membaca doa agar lupa mantan, berikut adalah beberapa cara melupakan mantan menurut ajaran islam yang dapat kamu lakukan.

Cara Melupakan Mantan Menurut Ajaran Islam

  1. Menyadari Diri Sendiri

Penting untuk menyadari bahwa hubungan pacaran tidak dibenarkan dalam Islam. Kesadaran ini akan membantu seseorang untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  1. Sholat Taubat

Melakukan sholat taubat dengan sungguh-sungguh adalah langkah penting untuk meminta ampun kepada Allah SWT atas kesalahan yang dilakukan selama berpacaran.

  1. Yakin Putus Cinta Adalah Jalan Terbaik

Percayalah bahwa putus cinta adalah takdir terbaik yang Allah SWT pilihkan untuk kita. Bersyukurlah atas jalan yang Allah SWT tentukan, meskipun terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita.

  1. Menyibukkan Diri

Cara melupakan mantan selanjutnya ialah dengan mengalihkan perhatian dengan menyibukkan diri dalam kegiatan yang bermanfaat dapat membantu mengurangi kekhawatiran dan kenangan tentang mantan.

  1. Membaca Doa Seperti Ummu Salamah

Doa seperti yang dipanjatkan oleh Ummu Salamah dapat membantu menguatkan hati dan memohon pada Allah SWT agar memberikan yang terbaik setelah kepergian mantan.

  1. Memperbanyak Ibadah

Memperbanyak ibadah, baik wajib maupun sunnah, membantu memfokuskan pikiran pada kehidupan yang lebih baik dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

  1. Memperbanyak Dzikir dan Istighfar

Dzikir dan istighfar dapat menenangkan hati dan jiwa, membantu untuk lebih bersyukur dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

  1. Habiskan Waktu dengan Keluarga

Keluarga adalah dukungan utama. Menghabiskan waktu bersama mereka dapat memberikan hiburan dan dukungan emosional.

  1. Hindari Tempat Kenangan

Menghindari tempat-tempat yang penuh kenangan dengan mantan dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengingat kembali momen tersebut.

  1. Berhenti Stalking Mantan

Menghentikan kebiasaan untuk 'mengintip' atau ‘kepo’ aktivitas mantan di media sosial membantu dalam melupakan dan fokus pada kehidupan yang baru.

  1. Lakukan Hobi

Melibatkan diri dalam hobi dan kegiatan yang disukai tidak hanya mengalihkan perhatian tetapi juga memberikan kebahagiaan dan tujuan baru dalam hidup. Menjalani hobi menjadi cara melupakan mantan yang ampuh.

Menghadapi putus cinta dalam Islam bukan hanya tentang mengatasi rasa sakit, tetapi juga sebuah kesempatan untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri pada Allah SWT. 

Doa melupakan mantan dan langkah-langkah praktis yang diambil dari ajaran Islam dapat membantu memudahkan proses hijrah ini. 

Percayalah bahwa Allah SWT memiliki rencana yang lebih baik untuk setiap hamba-Nya, dan dengan doa serta usaha yang sungguh-sungguh, kita dapat melangkah maju menuju kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga : Doa Sebelum Ujian Agar Diperlancar Dalam Mengerjakan