Doa Agar Anak Terhindar dari Zina dan Maksiat

Maraknya kasus perzinahan di bawah umur, memunculkan kekhawatiran orang tua, agar terhindar. Simak doa agar anak terhindar dari zina dan maksiat!

Doa Agar Anak Terhindar dari Zina dan Maksiat
Doa Agar Anak Terhindar dari Zina dan Maksiat. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Kasus perzinahan dan kekerasan seksual pada anak semakin menjadi perhatian utama, memunculkan kekhawatiran di kalangan orang tua. Pergaulan bebas, sinetron yang merangsang, dan merebaknya pornografi menjadi faktor-faktor penyebab yang memunculkan bahaya tersebut. 

Informasi di bawah ini memberikan gambaran mengenai pandangan Islam terhadap zina dan upaya perlindungan anak dari perbuatan tercela ini melalui doa terhindar dari zina.

Doa Agar Anak Terhindar dari Zina

Dalam Islam, zina dianggap sebagai perbuatan yang keji dan dilarang keras. Dalam Surat Al-Isra ayat 32, Allah SWT dengan tegas melarang mendekati zina, menggambarkan perbuatan ini sebagai suatu keji dan jalan yang buruk. 

Ulama Indonesia, As-Sayyid Muhammad bin Al-Haddad, memberikan petunjuk mengenai cara melindungi anak-anak dari musibah zina dengan membaca surat Al-Qur'an.

Menurut As-Sayyid Muhammad bin Al-Haddad, salah satu cara melindungi anak dari zina adalah dengan mengajarkan mereka membaca surat Al-Qur'an, khususnya surat Innā anzalnāhu fī lailatil-qadr. 

Para salafus salih dan habaib dulu juga memiliki kebiasaan membaca surat Al-Qur'an ini pada anak-anak sebagai bentuk perlindungan. Ulama juga memberikan doa agar anak terhindar dari zina, yaitu:

اللَّهُمّ اغْفِرْ ذَنْبَهُ وَطَهِّرْ قَلْبَهُ، وَحَصِّنْ فَرْجَهُ

Latin:

“Allahummaghfir dzanbahu wa thahhir qalbahu wa hashshin farjahu.”

Artinya: 

"Ya Allah, ampunilah dosanya, bersihkan hatinya dan jagalah kemaluannya."

Dampak dari perbuatan zina terdapat beberapa konsekuensi negatif, seperti merusak garis keturunan, menimbulkan kegoncangan masyarakat, merusak ketenangan hidup berumah tangga, hingga meningkatkan penyebaran penyakit kelamin dan AIDS.

Pentingnya doa agar anak terhindar dari zina juga ditekankan dalam Islam. Lukmanul Hakim, dalam buku "Doa-Doa Mustajab Orang Tua untuk Anak," menyampaikan bahwa doa orang tua memiliki kekuatan besar, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah. 

Ada 2 doa lain selain doa agar anak terhindar dari zina di atas yang mustajab dan tidak diragukan, salah satunya adalah doa orang tua terhadap anaknya.

Berikut beberapa tambahan doa agar anak terhindar dari zina yang dapat diamalkan oleh orang tua.

Baca Juga : Doa Agar Pasangan Tidak Selingkuh dan Setia Selamanya

Doa Agar Anak Terhindar dari Zina, Diamalkan Sejak Dalam Kandungan

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Latin:

“Rabbi habli milladunka dzuriyyatan thoyyibah, innaka sami’ud -du’a.”

Artinya: 

"Ya Allah, karuniakanlah keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar."

Doa Menggunakan Surat Al Qadr

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Latin:

“Innā anzalnāhu fī lailatil-qadr.”

Artinya: 

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan (Lailatul Qadr)." (Surat Al-Qadr: 1)

Dalam praktiknya, Syekh Ibrahim Al Bajuri, ulama besar Mesir, menganjurkan orang tua membacakan surat Al Qadr di telinga anak setelah lahir. Amalan ini diyakini dapat menjadi perlindungan dari takdir zina sepanjang hidupnya.

Melalui informasi di atas tentang beberapa doa agar anak terhindar dari zina, kita dapat memahami bahwa zina bukan hanya dilarang dalam Islam, tetapi juga memiliki dampak besar terhadap individu, keluarga, dan masyarakat. 

Upaya perlindungan anak dari zina bukan hanya dilakukan melalui larangan, tetapi juga dengan melibatkan doa terhindar dari sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT.

Orang tua memiliki peran penting dalam mendidik anak-anaknya agar tumbuh dengan nilai-nilai keimanan yang kuat. 

Doa-doa terutama doa terhindar dari zina yang diajarkan dalam Islam bukan hanya sebagai sarana meminta ampunan, tetapi juga sebagai wujud usaha orang tua dalam melindungi anak dari bahaya zina dan perbuatan tercela lainnya.

Dengan memahami pentingnya doa terhindar dari zina, diharapkan anak-anak dapat terhindar dari maksiat dan godaan zina dan tumbuh menjadi generasi yang kuat, berakhlak mulia, serta bermanfaat bagi masyarakat. 

Pendidikan agama dalam keluarga menjadi pondasi utama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung pertumbuhan anak-anak menuju masa depan yang lebih baik.

Baca Juga : Doa Meminta Keberuntungan Dunia dan Akhirat