Direvisi, Kini Jam Masuk Sekolah di NTT Jadi 05.30 Khusus Kelas 3 SMA/SMK

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT merevisi aturan jam masuk sekolah bagi siswa kelas 3 SMA SMK sederajat jadi jam 05.30 WITA.

Direvisi, Kini Jam Masuk Sekolah di NTT Jadi 05.30 Khusus Kelas 3 SMA/SMK
Jam masuk sekolah di NTT jadi pukul 05.30 khusus kelas 3 SMA hingga SMK. Gambar : Instagram/@zonamahasiswa

BaperaNews - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Linus Lusi merevisi aturan jam masuk sekolah bagi siswa kelas 3 SMA SMK sederajat yang tadinya jam 05.00 WITA. Kini jam masuk sekolah dimundurkan jadi jam 05.30 WITA.

Perubahan jam masuk sekolah di NTT tersebut dilakukan atas pertimbangan dari para guru dan demi hak peserta didik. Ia juga menegaskan kebijakan masuk sekolah pagi hari ini hanya untuk kelas 3 atau kelas 12 SMA SMK sederajat, bukan untuk kelas 1 atau 2 SMA sederajat dan jenjang sekolah lain. Jenjang sekolah lain masih masuk jam 7 pagi seperti biasa.

“Sekarang diubah jadi jam 05.30 WITA” tutur Linus Lusi pada Rabu (1/3) dalam keterangan resminya. Perubahan jam masuk sekolah di NTT ini telah diumumkan di 10 SMA dan SMK seKupang. Berikut jam masuk sekolah di NTT pada 10 SMA dan SMK seKupang.

Baca Juga : Pemprov NTT Buat Aturan Baru: Siswa SMA/SMK Wajib Masuk Sekolah Jam 5 Pagi

Perubahan Jam Masuk Sekolah di NTT pada 10 SMA dan SMK seKupang :

  • SMAN 1 Kupang
  • SMAN 2 Kupang
  • SMAN 3 Kupang
  • SMAN 5 Kupang
  • SMAN 6 Kupang
  • SMKN 1 Kupang
  • SMKN 2 Kupang
  •  SMKN 3 Kupang
  • SMKN 4 Kupang
  • SMKN 5 Kupang

“Ada 10 sekolah SMK SMA di Kupang sudah ditetapkan mengikuti aturan jam masuk sekolah di NTT jam 05.30 WITA pagi, hanya berlaku di 10 sekolah dan semua kepala sekolahnya sudah menyatakan sanggup. Kita harap tokoh agama, tokoh masyarakat, elite tertentu dan semuanya melihat hal ini sebagai sesuatu yang positif” pungkas Linus Lusi.

Linus Lusi ingin kebijakan jam masuk sekolah di NTT ini bisa melatih siswa maupun guru untuk bisa bangun lebih pagi, bisa disiplin, di malam harinya juga bisa tidur lebih awal (tidak begadang). Dengan demikian peserta didik biasa disiplin dan punya jam tidur serta jam bangun yang tepat waktu.

Sebelumnya aturan jam masuk sekolah di Nusa Tenggara Timur ialah jam 5 pagi yang dinilai terlalu ketat, banyak yang membahas keselamatan dan keamanan siswa yang harus berangkat sangat pagi, bagaimana siswa sarapan atau shalat subuh, hingga kesiapan dari guru yang mengajar.

Sekolah jam 5 pagi di NTT dinilai masih sangat pagi untuk belajar dan otak siswa belum siap menerima pelajaran. Kini aturan masuk sekolah tersebut diubah jadi jam 05.30 WITA.

Pemerintah setempat juga menyiapkan angkutan umum khusus agar bisa dipakai siswa yang hendak berangkat sekolah pagi hari.

Baca Juga : Mulai 7 Maret Pemprov NTT Imbau Warga untuk Jalan Kaki