Dilanda Kebakaran, Museum Nasional Indonesia Tutup Sementara

Kebakaran hebat melanda Museum Nasional Indonesia, menyebabkan penutupan sementara. Koleksi bersejarah diamankan.

Dilanda Kebakaran, Museum Nasional Indonesia Tutup Sementara
Dilanda Kebakaran, Museum Nasional Indonesia Tutup Sementara. Gambar : Kompas.id/Dok. Fakhri Fadlurrohman

BaperaNews - Museum Nasional Indonesia, dikenal juga dengan Museum Gajah. Museum ini ditutup sementara menyusul kebakaran yang melanda Gedung A pada Sabtu malam (16/9). Menurut informasi resmi yang diunggah melalui akun Twitter Museum Nasional Indonesia (@MuseumNasional).

“Sebagai langkah pencegahan tambahan, untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung, MNI akan sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," dikutip Minggu (17/9). Keputusan ini diambil guna memprioritaskan keamanan dan keselamatan koleksi berharga serta pengunjung yang datang.

Kombes Komarudin, Kapolres Metro Jakarta Pusat, mengkonfirmasi penutupan sementara Museum Nasional kebakaran tersebut.

"Museum sementara kami tutup karena di dalam banyak sekali barang-barang bersejarah," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa jadwal buka Museum Nasional akan diumumkan kembali setelah proses penyelidikan selesai.

Kejadian kebakaran Museum Nasional yang berlokasi di Jakarta ini, memang menyita perhatian banyak pihak, terutama mengingat keberadaan benda-benda bersejarah di dalamnya.

Baca Juga : Alami Kebakaran Hebat, Ini Isi Museum Nasional Indonesia

Namun, berkat respons cepat dari seluruh pihak, benda-benda berharga di Museum Gajah tersebut berhasil diamankan. Meski bagian belakang Gedung A terbakar, tetapi ruang lainnya yakni, Gedung B, dan Gedung C beserta isinya dipastikan aman. Hal ini menjadi kabar baik bagi para pecinta sejarah dan budaya nasional.

Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," ujar Ahmad Mahendra, Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya.

Pihak Museum Gajah, Jakarta saat ini masih terus melakukan pengukuran dampak pasca kebakaran dan rencana tindak lanjut. Untuk tiket museum yang sudah dibeli oleh masyarakat akan dikembalikan.

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera," kata Ahmad Mahendra.

Kita berharap kejadian kebakaran di Museum Nasional ini cepat diselesaikan dan museum dapat kembali buka untuk masyarakat, serta koleksi berharga di dalamnya tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga : Tim Investigasi Usut Penyebab Kebakaran Museum Nasional Secara Transparan