Diduga Ada Temuan Pestisida Dan Etilen Oksida, Mie Sedaap Ditarik Di Hong Kong

Hong Kong Menarik penjualan Mie Sedaap rasa Korean spicy chicken Usai ditemukannya pestisida dan etilen oksida dalam kandungannya. Simak selengkapnya!

Diduga Ada Temuan Pestisida Dan Etilen Oksida, Mie Sedaap Ditarik Di Hong Kong
Mie Sedaap ditarik di Hong Kong diduga ada temuan pestisida dan etilen oksida. Gambar : Detikfood

BaperaNews - Mie instan asal Indonesia Mie Sedaap rasa Korean spicy chicken ditarik peredarannya dari Hong Kong usai ditemukannya pestisida dan etilen oksida dalam kandungannya. Temuan pestisida dan etilen oksida tersebut diungkap oleh CFS (Center for Foods Safety) Hong Kong, Selasa (27/9).

“CFS mengumpulkan sample dari Supermarket Lok Fu dan diuji, hasilnya menunjukkan bahwa pada sampel mie, bumbu, dan kemasan bubuk cabai terdapat kandungan etilen oksidan dan pestisida” tulis CFS secara resmi, Rabu (28/9) dengan menyertakan data berikut.

  • Nama Produk : Mie Sedaap Goreng Rasa Korean Spicy Chicken
  • Merk : Mie Sedaap
  • Tempat Asal : Indonesia
  • Berat Bersih : 435 Gram
  • Agen Tunggal : Golden Long Food Trading Ltd
  • Pengecer : PARKnAHOP Terbatas
  • Best Before Date : 19 Mei 2023

CFS ialah badan sejenis BPOM di Indonesia, kini telah memberi instruksi kepada Supermarket dan pihak lain yang bersangkutan untuk menghentikan peredaran produk dan menariknya dari pasar. Masyarakat juga diminta tidak mengkonsumsi ataupun membelinya.

CFS menyebut akan terus mengawasi dengan tegas perdagangan di pasar agar produk Mie Sedaap Korean spicy chicken benar-benar bisa dihentikan penjualannya.

Baca Juga : Viral Daging Babi Ditemukan Di Freezer Daging Halal Supermarket

“Menurut residu pestisida dalam aturan pangan, makanan yang dimakan manusia yang memiliki kandungan pestisida hanya boleh dikonsumsi jika makanan tersebut tidak merugikan kesehatan atau tidak berbahaya. Pelanggar dikenakan denda maksimal 50.000 dolar Hong Kong dan penjara enam bulan jika terbukti bersalah” lanjutnya.

CFS memastikan pihak pengecer telah menarik kembali produk yang terkontaminasi. “Masyarakat bisa hubungi hotline selama jam kerja untuk menanyakan tentang penarikan produk yang bersangkutan” pungkasnya.

Tanggapan Mie Sedaap

Media Relations Executive Wings Group Indonesia, Andini Mardiani memberi tanggapan tentang kabar tersebut. Pihaknya menyampaikan belum bisa memberi informasi apapun sebab masih dalam tahap penyelidikan internal.

“Kami sedang dalam tahap diskusi internal. Untuk detail lebih lanjut belum bisa kami informasikan, akan segera kami sampaikan” ujarnya singkat.

Belum ada jawaban tegas dari pihak Wings Group selaku perusahaan pembuat Mie Sedaap tentang penarikan produk mereka di Hong Kong. Andini juga belum mengetahui apakah memang produk Mie Sedaap Korean spicy chicken sudah sepenuhnya ditarik di Hong Kong.

Mie Sedaap Korean spicy chicken selama ini juga beredar di Indonesia, namun tidak pernah ada masalah, produk lolos uji BPOM dan dinyatakan aman dikonsumsi masyarakat. Tentunya tiap Negara memiliki aturan tentang pangan yang berbeda-beda.

Baca Juga : Minuman Manis Berpotensi Kena Biaya Cukai Mulai 2023