Demi Tak Kena Macet, Truk di Makassar Naik Kereta Api

Kementerian Perhubungan kota Makassar, Sulawesi Selatan menerapkan cara baru truk naik kereta untuk mencegah kemacetan yang terjadi di kota Makassar. Simak selengkapnya!

Demi Tak Kena Macet, Truk di Makassar Naik Kereta Api
Demi Tak Kena Macet, Truk di Makassar Naik Kereta Api. Gambar : Dok. KAI

BaperaNewsKementerian Perhubungan hendak terapkan cara baru truk naik kereta api untuk atasi kemacetan yang terjadi di Makassar-Parepare Sulawesi Selatan. Tak tanggung-tanggung, rencananya akan disiapkan kereta api yang bisa mengangkut truk dan barang besar lainnya agar mengurangi jumlah kendaraan besar pengangkut barang di jalan yang seringkali menjadi sebab kemacetan. Kereta api akan dioperasikan di jalur kereta Makassar-Parepare dengan rute Makassar-Pelabuhan Garongkong. Sehingga truk di Makassar baik itu dump truk atau truk engkel bisa ikut naik kereta api.

“Jadi kita ada konsep truk Makassar naik kereta api yang kita inginkan itu di rute Makassar-Parepare untuk atasi masalah triple handling, kemacetan, lingkungan, over dimension, dan lainnya” kata Risal dari Kemenhub Makassar hari Rabu (5/7) dalam acara Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI.

Opsi truk Makassar naik kereta api tersebut akan segera diterapkan, tinggal menunggu kesiapan dari pihak operator kereta terkait infrastruktur gerbong dan lokomotifnya. Implementasi opsi truk di Makassar ini akan dilakukan Dirjen Perhubungan Darat bekerjasama dengan Dirjen Perkeretaapian untuk bisa mengurangi kepadatan jalan dan mengatasi masalah truk odol.

Baca Juga : Remaja di Tangerang Tewas Ditabrak Truk Saat Ngonten

Dalam rapat, Risal juga menjelaskan rute kereta api Makassar-Parepare ditambahkan 1 rangkaian truk barang dan 2 kereta perintis. Untuk kereta penumpang, akan ditambah 1 rangkaian kereta lagi sebab selama ini okupansi penumpang di jalur kereta api Stasiun Maros sampai Stasiun Garongkong cukup tinggi.

“Sulsel ke arah Mande sampai Maros di bulan ini atau Agustus nanti ditambah trainset kereta, jadi okupansi penumpang di Sulsel ini sudah cukup baik, InsyaAllah bulan ini nambah 1 trainset” pungkas Risal.

Adanya kendaraan besar seperti truk barang di jalan raya memang seringkali dikeluhkan pengguna jalan lain. Badan truk yang besar memakan jalan dalam jumlah besar pula, menyulitkan kendaraan lain untuk melintas. Terlebih di jam sibuk seperti jam sekolah dan kerja, kemacetan terjadi dan menghambat  mobilitas masyarakat karena adanya truk di Makassar yang lalu lalang dengan bebas.

Maka dibuat opsi kereta khusus untuk mengangkut barang berat termasuk truk naik kereta api. Diharapkan pihak terkait seperti pengusaha yang biasa mengoper barang besar dengan truk bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk memakai layanan kereta barang besar. Dengan demikian kemacetan di jalan bisa teratasi setelah truk naik kereta api, barang yang dibawa juga bisa sampai lebih cepat dan aman tanpa mengganggu pengguna lain di jalan setelah truk Makassar naik kereta api.

Baca Juga : Truk Kontainer Pengangkut Tisu Terguling Menabrak Warung Durian