BMKG Beri Penjelasan Soal Ikan Naik Ke Daratan Di Pantai Citepus

Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG berikan penjelasan soal video viral di media sosial sejumlah ikan naik ke daratan di Pantai Citepus, Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (1/12).

BMKG Beri Penjelasan Soal Ikan Naik Ke Daratan Di Pantai Citepus
Ilustrasi Foto BMKG soal ikan naik ke daratan di pantai Citepus. Gambar : Tangkapan Layar Facebook/Katana

BaperaNews - Viral video sejumlah ikan naik ke daratan di Pantai Citepus, Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (1/12). “Pantai Citepus Sukabumi, nah loh ini tanda apalagi. Ini fenomena aneh” tulis pengunggah dalam videonya yang berdurasi 30 detik tersebut.

Sebagian besar warganet menyebut bawah apabila ada peristiwa ikan naik ke daratan, itu pertanda akan muncul bencana alam.

“Antisipasi, takutnya terjadi tsunami seperti di Aceh dan Banten dulu. Dulu ikan-ikan juga pada naik ke permukaan, tak lama terjadi tsunami. Evakuasi warga” komentar salah seorang warganet.

“Hati-hati, fenomena ini biasanya tanda alam akan ada bencana alam, biasanya dari aktivitas vulkanik, kenaikan suhu di dasar laut atau gas beracun, yang penting waspada” imbuh warganet lainnya.

Penjelasan BMKG

Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) Daryono menyampaikan kemunculan ikan di daratan tidak selalu pertanda adanya tsunami.

“Tidak ada hubungannya dengan tsunami” ujarnya pada Kamis (1/12).

Daryono menyebut video peristiwa ikan naik ke daratan di Pantai Citepus tersebut tidak berhubungan dengan gempa bumi, fenomena itu hanya karena upwelling.

“Juga tidak berhubungan dengan gempa, biasanya karena upwelling dimana ada plankton melimpah di permukaan di dekat pantai” jelasnya.

Baca Juga : Ribuan Anak Dibawah Umur Terserang HIV, Siapa Salah?

Berikut Penyebab Ikan-Ikan Naik Ke Daratan Yang Dijelaskan Daryono :

  • Arus air laut

“Mengikuti dinamika atau pergerakan air laut”.

  • Musim

Ikan-ikan yang naik ke daratan telah dikaji dan berkaitan dengan musim. “Karena dinamika populasi ikan juga berkaitan dengan musim, maka tidak menutup kemungkinan kejadian seperti yang di Gorontalo ini karena musim”.

  • Upwelling

Upwelling yaitu pengangkatan biota laut ke permukaan laut hingga terbawa ke pesisir karena adanya oseanografi, air laut di dasar lebih dingin dan massanya lebih besar, bergerak dari dasar laut ke permukaan, sehingga ikan turut naik.

“Dalam fenomena ini biasanya memang ikan muncul bergerombol sampai ke pantai”.

  • Perburuan ikan

Perburuan ikan yakni karena adanya angin laut yang membuat ikan mengikuti arus, ikan kecil mengikuti arus angin sehingga mendorongnya hingga ke garis pantai.

  • Kandungan klorofil a

Kemungkinan lain ialah karena faktor kesuburan di laut, yakni banyaknya kandungan klorofil a di permukaan yang jadi salah satu faktor kesuburan laut.

Daryono menghimbau agar masyarakat tidak khawatir, ada kejadian ini menurutnya sebuah anugrah, sebab warga bisa panen ikan tanpa harus membawa jala ke laut.

Baca Juga : Diduga Picu Syahwat, MUI Jember Haramkan Joget Pargoy Di Wilayahnya