Biksu Jalan Kaki Dari Thailand Sampai Bekasi Untuk Peringati Waisak

32 orang biksu jalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur  di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia demi merayakan hari raya Waisak yang jadi hari suci umat Budha.

Biksu Jalan Kaki Dari Thailand Sampai Bekasi Untuk Peringati Waisak
Biksu Jalan Kaki Dari Thailand Sampai Bekasi Untuk Peringati Waisak. Gambar : Kompas/Joy Andre

BaperaNews - 32 orang biksu jalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur  di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia demi merayakan hari raya Waisak yang jadi hari suci umat Budha.

Rombongan para biksu tersebut sempat mampir di Bekasi pada hari Kamis malam (11/5) untuk istirahat di tempat ibadah Klenteng Hok Lay Kiong. Sebelumnya mereka juga singgah di berbagai tempat ibadah di Malaysia dan Singapura.

Di Indonesia, para biksu jalan kaki mendapat pengawalan dari Laskar Macan Ali Cirebon. Sepanjang perjalanan mereka, mereka istirahat tidak hanya di tempat ibadah umat Budha saja namun juga di tempat ibadah agama lain, hal ini bertujuan untuk mempererat toleransi dan hubungan persaudaraan antar umat beragama.

Perjalanan ditargetkan selesai di hari Waisak pada Kamis, 18 Mei 2023 mendatang. Di hari tersebut mereka ditargetkan sudah sampai di Candi Borobudur. 

Baca Juga : Ekstrimis Hindu Mau Hapus Situs Muslim Di India, Termasuk Taj Mahal

Disambut Dirjen Bimas Buddha Indonesia

Dirjen Bimas Buddha Indonesia Supriyadi menyambut kedatangan para biksu jalan kaki dari Thailand sampai Bekasi ketika mereka sampai di Indonesia. Supriyadi menyampaikan terima kasih pada panitia karena kegiatan yang telah dirancang sejak lama ini bisa berjalan dengan lancar dan baik. Supriyadi juga mengucapkan selamat datang pada rombongan.

“Demikian pula Dirjen Pengiriman Dharmaduta-Dharmaduta dari Thailand ke Indonesia berjalan baik dan lancar, semua bisa dijalankan dengan baik” tutur Supriyadi Jumat (12/5). 

Supriyadi mendoakan agar perjalanan para biksu ke Candi Borobudur berjalan dengan baik dan selalu mendapat perlindungan sepanjang perjalanan jalan kakinya.

Termasuk Ritual Thudong

Perjalanan 32 biksu ini dari Thailand ke Candi Borobudur ialah dalam rangka menjalankan ritual Thudong yakni ritual yang dilakukan para Bhante (biksu) dengan cara berjalan kaki ribuan kilometer. Puluhan biksu tersebut memang telah berjalan kaki dari Nakhon Si Thammarat, Thailand sejak 23 Maret 2023. Maka mereka menghabiskan waktu hampir sebulan lamanya untuk jalan kaki dari Thailand ke Indonesia, tentu bukan perjalanan yang mudah.

Mereka telah sampai di Malaysia dan Singapura, pada 9 Mei 2023 masuk ke Batam, Indonesia dan terus melanjutkan perjalanan. Mereka telah sampai di Bekasi dan akan lanjut ke Magelang untuk menuju Candi Borobudur.

Ritual Thudong sendiri sudah dilaksanakan sejak zaman dulu sebelum ada vihara, saat itu para biksu tinggal dari hutan ke hutan, gua, dan gunung. Adapun dalam setahun, ada perjalanan seperti itu selama 4 bulan dan di Indonesia kebetulan ada Candi Borobudur yang akan menjadi salah satu lokasi perayaan hari raya Waisak.

Baca Juga : Semua Biksu Positif Sabu, Kuil Buddha Di Thailand Dikosongkan