Begini Kondisi Joe Biden Setelah Operasi Pengangkatan Sel Kanker Kulit

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mendapat tindakan operasi pengangkatan sel kanker kulit. Begini konsidi Joe Biden setelah operasi sel kanker kulit.

Begini Kondisi Joe Biden Setelah Operasi Pengangkatan Sel Kanker Kulit
Konsidi Joe Biden Setelah Operasi Pengangkatan Sel Kanker. Gambar : Reuters/Dok. Tom Brenner

BaperaNews - Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mendapat tindakan operasi pengangkatan sel kanker kulit pada Februari 2023 lalu. Hal ini disampaikan oleh ketua tim dokter Gedung Putih Kevin O’Connor pada Jumat (3/3). Operasi Joe Biden telah sukses dilaksanakan tanpa butuh perawatan lanjutan.

“Semua jaringan sel kankernya berhasil diangkat. Presiden Joe sehat dan bugar” tutur Kevin O’Connor pada Kamis (16/2) lalu.

Operasi pengangkatan sel kanker kulit Joe Biden dilakukan untuk mengangkat sel basal yang bercokol di dada Joe Biden. Kini, kondisi Joe Biden setelah operasi sel kanker telah sembuh dan akan mendapat pemeriksaan kulit secara teratur.

Sel basal ialah bentuk sel kanker paling ringan yang paling umum dan mudah disembuhkan, sel basal tidak menyebar seperti sel kanker lainnya, namun sel basal bisa tumbuh besar jika tidak diangkat. Selain pengangkatan sel basal, Joe Biden juga pernah mendapat tindakan operasi pengangkatan sel kulit non melanoma sebelum ia menjadi Presiden AS.

Joe Biden pernah membuat heboh karena menyebut dirinya pengidap kanker. Pada Juli 2022 Joe Biden menyebut ia sedang sakit kanker dan tinggal di kampung halamannya di Claymont, Delaware. Joe Biden mengungkap hal tersebut ketika sedang bicara tentang dampak buruk energi fosil di sebuah acara diskusi masalah perubahan iklim di Massachusetts.

Baca Juga : Kronologi Gubernur Filipina Tewas Ditembak Oleh Kelompok Bersenjata

Pada acara tersebut, Joe Biden curhat tentang kampung halamannya yang dekat dengan kilang minyak, sehingga membuatnya tumbuh dalam dampak emisi yang berpengaruh pada kesehatannya.

“Itulah sebabnya saya dan banyak warga lain tumbuh dengan menderita kanker, dan itu mengapa dalam jangka waktu lama Delaware jadi tempat dengan tingkat penyakit kanker tertinggi di negara ini (Amerika Serikat)” ucap Biden kala itu.

Jubir Gedung putih Andrew Bates pun memberi klarifikasi, bahwa kondisi Joe Biden setelah operasi sel kanker yang diungkap ialah tentang kondisinya sebelum menjadi Presiden AS. Pada Januari 2023 istri Joe Biden, Jill Biden juga menjalani operasi sel kanker. Operasi berjalan lancar dan tim dokter berhasil mengangkat seluruh sel kanker yang bersarang di tubuh Jill.

Jill Biden mendapat tindakan pengangkatan sel basal yang lokasinya di dekat mata kanannya. Kini Jill Biden sudah kembali pulih dan bisa menjalankan segala kegiatan sebagai ibu negara dengan lancar. Begitu pula dengan Joe Biden, keberhasilan operasi pengangkatan sel kanker kulit Joe Biden, membuatnya kembali bisa bekerja dan menjalani rutinitas hariannya.

Baca Juga : Resesi Seks, Pemerintah Jepang Buat Acara Perjodohan