Bapak dan Anak Niat Curi Motor di Sidoarjo Namun Gagal hingga Diamuk Massa

M Rifaii dan Dwi Febian gagal mencuri sepeda motor di Desa Permisan, Jabon, Sidoarjo, dan dihajar massa.

Bapak dan Anak Niat Curi Motor di Sidoarjo Namun Gagal hingga Diamuk Massa
Bapak dan Anak Niat Curi Motor di Sidoarjo Namun Gagal hingga Diamuk Massa. Gambar : Dok. Hetanews

BaperaNews - Seorang pria dan anaknya mengalami nasib apes setelah gagal mencuri sepeda motor di Desa Permisan, Jabon, Sidoarjo, pada Selasa (10/9) sekitar pukul 14.00 WIB.

Keduanya, yang diketahui bernama M Rifaii (43) dan Dwi Febian (22), ditangkap dan dihajar oleh massa setelah aksinya ketahuan.

Menurut informasi dari akun X (Twitter) @HushWatchID, yang pertama kali mengunggah kejadian ini pada Sabtu (14/9), kedua pelaku berusaha melakukan pencurian motor dengan berpura-pura menukarkan uang pecahan koin senilai Rp500 ribu di sebuah toko di desa tersebut.

Mereka berniat menukar uang tersebut dengan uang kertas senilai Rp100 ribu, lima lembar. Namun, toko tersebut tidak memiliki uang kertas yang dimaksud.

Setelah gagal menukar uang, kedua pelaku melihat kesempatan saat seorang pelajar SMP datang mengendarai sepeda motor dan masuk ke toko. Ketika pelajar tersebut sedang membeli barang, kunci kontak motor dibiarkan menempel, memudahkan pelaku untuk melakukan aksi pencurian motor

Kapolsek Jabon AKP Sugiono mengatakan kedua pelaku saat itu mencoba mencuri motor milik warga yang kuncinya tertinggal. Namun saat itu, korban mengetahui dan meneriaki maling.

Baca Juga: Modus Sebagai Barang Bukti, Polisi Gadungan Curi Motor dan Ponsel Warga di Tangsel

"Tanpa disadari kunci sepeda motor masih menempel di sepeda motor. Sehingga pelaku nekat membawa kabur sepeda tersebut. Melihat sepeda motor dibawa kabur oleh orang tidak dikenal, korban berteriak maling-maling," kata Sugiono, Rabu (11/9).

Ketika pelaku mulai mengoperasikan motor, pemilik toko dan pelajar tersebut segera menyadari tindak pencurian motor. Mereka berteriak meminta bantuan, yang langsung ditanggapi oleh warga sekitar. Massa segera mengejar dan mengepung pelaku di kawasan Tol HK Jabon.

"Kami yang menerima informasi tentang tindakan kejahatan ini langsung merespons. Pelaku berhasil ditangkap di Desa Pejarakan setelah warga dan polisi berkoordinasi," jelas Sugiono.

Warga merasa kesal dengan ulah bapak dan anak curi motor sehingga langsung menghajar keduanya sampai babak belur sebelum pihak kepolisian tiba. 

Baca Juga: Demi Biayai Istri Lahiran, Pria Nekat Curi Motor tetapi Berujung Damai karena Korban Iba