Aquabike Jetski Championship Digelar, Fahd A Rafiq: Ini Jadi Akselerasi Promosi Pariwisata Danau Toba

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq menyatakan bahwa kompetisi Aquabike Jetski World Championship 2023 dapat menjadi ajang promosi bagi Danau Toba.

Aquabike Jetski Championship Digelar, Fahd A Rafiq: Ini Jadi Akselerasi Promosi Pariwisata Danau Toba
Aquabike Jetski Championship Digelar, Fahd A Rafiq: Ini Jadi Akselerasi Promosi Pariwisata Danau Toba. Gambar : Istimewa

Bapera News - Ajang balap jetski bertajuk Aquabike Jetski World Championship 2023 resmi digelar di Danau Toba, Sumatera Utara pada 22 November hingga 26 November 2022. Rangkaian balapan jetski kelas dunia ini digelar serentak di 4 kabupaten, yakni Toba, Karo, Dairi, dan Samosir.

Penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 ini dipercaya menjadi akselerator promosi pariwisata Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Apalagi event ini diklaim memberi manfaat ekonomi dan membuka lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa kompetisi ini dapat menjadi ajang promosi bagi Danau Toba.

“Event ini bisa mempromosikan Danau Toba lebih dikenal dunia sebagai kawasan sport tourism. Venue dan infrastruktur yang tersedia juga harus dijaga dan dimanfaatkan secara maksimal,” Ujar Fahd A Rafiq, Minggu (26/11).

Aquabike Jetski World Championship 2023 diikuti 118 pebalap dari 22 negara. Ada 5 kategori balapan yang dipertandingkan, yakni ski GP1, runabout GP1, ski ladies GP1, freestyle, dan parallel slalom. Selain balapan, disiapkan pula agenda pariwisata dan budaya seperti pesta rakyat dan festival seni Batak.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Dukung Presiden Jokowi Salurkan Bantuan Pangan untuk Rakyat Papua

Bupati Samosir sebagai tuan rumah salah satu lokasi balapan menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh Pemprov Sumut. Menurutnya kesiapan penyelenggaraan di Samosir sudah 100%, mulai dari venue, akomodasi, hingga fasilitas pendukung lain.

Dengan dukungan agar terselenggara sukses dari pemerintah daerah, panitia dan seluruh masyarakat diharapkan turut menjaga Danau Toba lewat event bergengsi ini bisa semakin dikenal dunia sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. Apalagi beragam objek wisata alam, budaya, kuliner, dan lainnya tersedia lengkap di sekitar Danau Toba.

“Ini merupakan event kelas dunia dan gratis juga, masyarakat bisa menyaksikan aksi para pebalap jetski internasional secara langsung,” Ujar Fahd A Rafiq, Minggu (26/11).

Peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara tentu akan makin menggeliatkan perekonomian lokal. Hotel, rumah makan, cinderamata, transportasi, dan lainnya akan makin laris. Pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Sumatera Utara.

Penulis : Ahmad G