Anggota DPRD Lampung Tengah Ditangkap Usai Tembak Kepala Warga Saat Hajatan

Anggota DPRD Lampung Tengah, MSM, terlibat dalam insiden penembakan yang menyebabkan seorang warga tewas saat acara resepsi pernikahan. Baca selengkapnya di sini!

Anggota DPRD Lampung Tengah Ditangkap Usai Tembak Kepala Warga Saat Hajatan
Anggota DPRD Lampung Tengah Ditangkap Usai Tembak Kepala Warga Saat Hajatan. Gambar : Kompascom/Tri Purna Jaya

BaperaNews - Anggota DPRD Lampung Tengah, MSM (42), terlibat dalam insiden penembakan yang menyebabkan seorang warga tewas. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (6/7) sekitar pukul 10.00 WIB di Dusun 1 Mataram Ilir, Kecamatan Seputih Surabaya, saat sebuah acara resepsi pernikahan berlangsung.

MSM yang hadir dalam acara tersebut secara tidak sengaja menembakkan pistolnya saat berusaha menambahkan kemeriahan dengan melepaskan tembakan ke udara.

Peluru yang meleset justru mengenai kepala seorang warga bernama Salam (35), yang sedang duduk di dekat lokasi kejadian, menyebabkan korban meninggal dunia seketika.

Menurut keterangan dari Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, pelaku langsung diamankan oleh pihak kepolisian usai kejadian.

"MSM telah kami amankan dan saat ini sedang dalam pemeriksaan lebih lanjut di Polres Lampung Tengah," jelas Umi pada Sabtu (6/7) malam.

Selain mengamankan MSM, polisi juga menyita barang bukti berupa satu unit senjata api berikut amunisinya. Umi menambahkan bahwa pihaknya juga menemukan selongsong peluru di lokasi kejadian, yang diyakini berasal dari senjata yang digunakan pelaku.

Anggota DPRD Lampung tembak warga ini terjadi saat berlangsungnya rangkaian adat dalam acara pernikahan di rumah Aliudin.

Tradisi yang dijalankan dalam acara tersebut melibatkan penyambutan keluarga besan, namun belum ada kejelasan apakah pelepasan tembakan merupakan bagian dari adat yang diharuskan atau hanya tindakan individu.

Baca Juga: Viral Beredar Video OPM Pimpinan Undius Kogoya Tembak Mati hingga Bakar Mobil Warga

Polisi masih mendalami motif dan detail lebih lanjut dari insiden tersebut.

“Kami sedang mengumpulkan keterangan dari berbagai saksi yang hadir di lokasi acara untuk mengetahui secara pasti apakah tindakan pelepasan tembakan merupakan bagian dari adat atau kelalaian pribadi,” tambah Umi.

Dari informasi yang diperoleh, MSM sempat menembakkan pistol ke udara sebagai bagian dari perayaan. Namun, peluru meleset dan berakhir mengenai kepala Salam, yang akhirnya merenggut nyawanya.

Polisi juga sedang menyelidiki kepemilikan dan penggunaan senjata api oleh MSM, serta bagaimana senjata tersebut bisa digunakan dalam acara resepsi pernikahan.

Pihak keluarga korban, Salam, juga merasa sangat terpukul dengan kejadian ini. Mereka berharap kasus ini dapat segera diselesaikan dengan adil dan meminta agar ada regulasi ketat mengenai kepemilikan dan penggunaan senjata api.

Hingga saat ini, MSM masih berada dalam tahanan Polres Lampung Tengah untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Polisi juga telah berkoordinasi dengan pihak berwenang lainnya untuk menindaklanjuti kepemilikan senjata api oleh pelaku.

"Proses hukum akan terus berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kami juga akan memastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang lagi di masa mendatang," tegas Umi.

Baca Juga: Gegara Game Online, Mahasiswa Ditangkap Polisi Usai Tembaki Warga