3 Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Pamekasan Madura

Temukan 3 tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di Pamekasan, Madura: Puncak Ratu, Pantai Jumiang, dan Api Tak Kunjung Padam.

3 Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Pamekasan Madura
3 Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Pamekasan Madura. Gambar: Instagram puncakratuofficial_
3 Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Pamekasan Madura
3 Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Pamekasan Madura

BaperaNews - Pulau Madura merupakan pulau yang sangat istimewa dengan beragam wisata alam yang dianugerahi Tuhan. Salah satu daerah yang memiliki berbagai wisata menarik adalah Kabupaten Pamekasan. Wisata alam di Pamekasan bisa menjadi destinasi alternatif saat berlibur ke Pulau Madura.

Berikut 3 wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Pamekasan, Madura:

1. Wisata Puncak Ratu

Seperti tempat wisata perbukitan lainnya, di Puncak Ratu kamu akan disajikan dengan keindahan alam khas perbukitan yang sangat menawan. Perpaduan tanaman hijau dan udara sejuk membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini.

Puncak Ratu adalah wisata baru, namun meskipun tergolong baru, Puncak Ratu Pamekasan ini sudah dikunjungi banyak pengunjung, terutama saat musim liburan tiba.

Destinasi wisata yang instagramable ini terletak di ketinggian sekitar 200 meter, sehingga pemandangan Kota Pamekasan dari atas sini terlihat begitu jelas.

Selain pemandangan alam yang luar biasa menawan dan udara sejuk, di Puncak Ratu Pamekasan juga terdapat sejumlah spot foto keren yang disiapkan oleh pengelola.

Beberapa spot foto tersebut antara lain gardu pandang yang membuat foto selfiemu makin kece, serta ada juga spot berupa gerbang berbentuk hati dengan pemandangan pepohonan rindang sebagai latar belakangnya.

Baca Juga: Yunani Tutup Beberapa Tempat Wisata Akibat Dilanda Gelombang Panas

Keindahan alam ini bisa dinikmati dengan harga tiket dan parkir yang sangat terjangkau. Biaya parkir adalah Rp3 ribu rupiah untuk motor dan Rp5 ribu rupiah untuk mobil, sementara tiket masuknya hanya Rp20 ribu rupiah.

2. Wisata Pantai Jumiang

Wisata ini berada di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Madura, sekitar 12 km dari pusat Pamekasan.

Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan indah khas pantai yang tidak akan pernah membuat bosan. Hamparan pasir pantai yang membentang berpadu dengan udara laut yang biru terlihat indah di bawah sinar matahari.

Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan suara ombak yang memecah karang, membuat perasaan Anda menjadi tenang dan segala rasa stres langsung sirna.

3. Wisata Api Tak Kunjung Padam

Di antara wisata lain, wisata ini sesuai dengan namanya, Api Tak Kunjung Padam. Wisata ini sangat berbeda dengan wisata pada umumnya karena api dapat muncul seketika dari tanah yang dicungkil.

Wisata Api Tak Kunjung Padam terletak di Kabupaten Pamekasan, Madura. Lokasi tepatnya berada di Desa Tlanakan, Larangan Tokol, Pamekasan, hanya sekitar 800 meter dari jalan utama Kabupaten Pamekasan. Wisata ini cukup unik karena merupakan satu-satunya wisata api alam yang hanya ada di Madura.

Untuk menikmati wisata Api Tak Kunjung Padam, wisatawan dapat menyalakan api di permukaan tanah dengan mencungkil tanah yang telah dibatasi sebagai kawasan yang dapat memunculkan api.

Uniknya, jika kita mencungkil tanah di luar batas area maka api tidak akan muncul. Api ini akan tetap menyala meskipun hujan turun. Tidak ada biaya per kepala untuk menikmati wisata alam ini, namun pengunjung harus membayar untuk memarkir kendaraannya di tempat yang disediakan.

Baca Juga: Wajib Dikunjungi! 10 Wisata Kuliner Legendaris di Jakarta Selatan