3 Poin Penting Pidato Pembukaan Jokowi Di KTT G20 Bali

Jokowi secara resmi membuka acara KTT G20 Bali pada Selasa pagi (15/11). Dalam pembukaannya Jokowi berikan pidato, berikut 3 poin penting pidato Jokowi saat membuka KTT G20 Bali.

3 Poin Penting Pidato Pembukaan Jokowi Di KTT G20 Bali
3 Poin penting pidato Presiden RI Jokowi di KTT G20 di Bali. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden RI Jokowi secara resmi membuka KTT G20 Bali pada Selasa pagi (15/11). “Hari ini saya nyatakan KTT G20 dibuka” ucapnya di hadapan para peserta KTT G20 Bali sambil mengetok palu di meja sidang. Sebagai tuan rumah sekaligus Presidensi G20 2022, Jokowi menjadi pemimpin KTT G20 Bali selama dua hari 15 - 16 November 2022.

17 pemimpin berbagai Negara telah hadir, sementara tiga negara yang tidak bisa hadir diwakilkan oleh pejabat pemerintahannya. Ada juga yang hadir secara virtual seperti Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya dikonfirmasi hadir secara virtual namun beliau tidak bisa hadir di hari pertama KTT G20 Bali.

“Saya paham, perlu upaya luar biasa untuk kita bisa duduk bersama di ruangan ini. Selamat datang di Bali, di Indonesia, merupakan kehormatan untuk Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20” imbuhnya.

Baca Juga : 17 Kepala Negara Anggota G20 Akan Hadir Di KTT G20 Bali, Berikut Daftarnya!

Berikut 3 Point Penting Pidato Presiden RI Jokowi Ketika Membuka KTT G20 Bali 2022 di Hari Pertama Pada Selasa (15/11):

  1. Stop Perang

Menurut Jokowi, saat ini seluruh dunia harus bekerjasama untuk selamatkan dunia, tanpa terkecuali.

“Bertanggung jawab artinya hormat pada prinsip internasional dan Piagam PBB, menciptakan kondisi win-win, bukan zero-sum. Jika perang tidak berakhir, dunia akan sulit maju. Kita tak boleh biarkan perang dingin terjadi” ucapnya.

  1. KTT G20 Harus Berhasil

Jokowi kemudian membahas krisis global, dunia mengalami tantangan luar biasa, seperti adanya pandemi Covid-19 yang hingga kini belum sepenuhnya berakhir.

“Dampak krisis tersebut ialah pada ketahanan pangan, krisis energi dan keuangan. Sangat dirasakan terutama negara berkembang. Masalah publik jangan disepelekan. Hari ini mata dunia tertuju pada kita. Apa kita akan berhasil? Atau akan mencetak satu lagi kegagalan? G20 harus berhasil” tegasnya.

  1. Kerjasama Dunia

Jokowi berharap KTT G20 Bali bisa terus jadi katalis pemulihan ekonomi inklusif, terus bekerja untuk bisa menghasilkan capaian nyata.

Pencapaian yang diharapkan ialah :

  • Membentuk pandemic fund.
  • Membantu ruang fiskal Negara yang berpendapatan rendah.
  • Mendorong pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan).
  • Ratusan kerjasama konkret.
  • Mendukung pemulihan ekonomi dunia.
  • Transisi energi untuk dunia yang lebih hijau.

“Kita tidak hanya bicara, tapi menjalankan langkah yang nyata” tutup Jokowi dalam pidato pembukanya. KTT G20 Bali hari kedua akan dilanjutkan pada Rabu (16/11).

Baca Juga : 15 Link Twibbon KTT G20 Bali Paling Bagus, Simak Cara Pakai