Yuk Mengenal Infus Vitamin Dan Manfaatnya, Berbahaya Atau Tidak?

Yuk mari mengenal apa itu infus vitamin, dampak yang diterima hingga manfaat infus vitamin. Simak penjelasannya dibawah!

Yuk Mengenal Infus Vitamin Dan Manfaatnya, Berbahaya Atau Tidak?
Yuk mari mengenal apa itu infus vitamin, dampak yang diterima hingga manfaat infus vitamin. Simak penjelasannya dibawah! Gambar : Pixabay.com/Dok. kfuhlert

BaperaNews - Infus vitamin kini seolah menjadi hal biasa, infus vitamin disebut lebih efektif dan lebih cepat masuk nutrisinya dibandingkan dengan penggunaan secara oral. Lalu bagaimana dampak dan manfaat infus vitamin untuk tubuh? Berbahaya atau tidak? Simak penjelasannya dibawah! 

Dokter drip dan estetika, Andrew Lienata mengungkap infus vitamin memang bisa lebih cepat diserap tubuh karena langsung masuk ke pembuluh darah, beda dengan konsumsi vitamin secara oral yang butuh waktu lebih lama. Infus vitamin yang sering dipakai ialah infus vitamin C.

“Saat infus vitamin, bisa langsung masuk ke pembuluh darah, maka lebih cepat dan efisien penyerapannya” ujarnya di Jakarta, Sabtu (16/7).

Apa itu infus vitamin

Tubub ialah sebuah mesin kompleks yang membutuhkan perhatian dan perawatan. Vitamin, mineral, hidrasi, dan antioksidan ialah beberapa dari banyak jenis nutrisi yang diperlukan tubuh setiap hari, sebab itu ada kalanya tubuh kekurangan nutrisi.

Untungnya, ada cara sederhana untuk mencukupi nutrisi tubuh, yakni dengan infus nutrisi IV (Intravenous) yang memungkinkan berbagai vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh bisa masuk ke intravena melalui infus.

Baca Juga : Overthinking Dapat Menyebabkan Gangguan Mental, Simak Cara Mengatasi dan Menghindarinya!

Vitamin dan nutrisi penting tubuh kemudian dikirim ke aliran darah dan sistem pencernaan yang secara instan akan mengisi ulang dan merevitalisasi organ tubuh.

Manfaat infus vitamin

Dokter Andrew mengatakan manfaat infus vitamin bisa membuat tubuh menyerap vitamin hingga 99,9% sehingga efek yang didapatkan akan maksimal, beda dengan cara oral, hanya 8% nutrisi saja yang akan diserap tubuh.

Tak hanya itu, manfaat infus vitamin yakni bisa untuk kejernihan mental, kekebalan tubuh, pertahanan pada virus dan flu, penyetelan tubuh dan pikiran, serta membuat kulit lebih bersih dan halus. “Manfaat infus vitamin yaitu membakar lemak, melawan jetlag, dan menghilangkan mabuk, namun sangat sedikit bukti untuk klaim tersebut” ujar Erika Schwartz, pendiri pusat kesehatan Evolved Science Manhattan.

Namun Lauren Harris, pendiri Nutrition Starring YOU memperingatkan bahwa infus vitamin bisa bahaya jika dokter tidak menyediakan untuk kondisi tertentu, sebab melewati proses pencernaan yang memiliki perlindungan bawaan untuk penyerapan yang artinya ada kemungkinan resiko.

Sebab itu, meski termasuk baik, infus vitamin IV wajib diberikan oleh dokter atau terapis yang kompeten di bidangnya, agar pasien bisa mendapatkan saran produk yang tepat sesuai kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatannya masing-masing.