WhatsApp Rilis Fitur Baru, Bisa Screen Sharing Saat Video Call

WhatsApp merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dalam panggilan video, serupa dengan Zoom.

WhatsApp Rilis Fitur Baru, Bisa Screen Sharing Saat Video Call
Whatsapp Rilis Fitur Baru, Bisa Screen Sharing Saat Video Call. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - WhatsApp resmi rilis fitur share screen WhatsApp yakni fitur mirip zoom. Pengguna bisa berbagi layar atau sharing screen ketika melakukan panggilan video. Fitur ini mirip dengan zoom dimana pengguna bisa berinteraksi secara langsung.

Fitur share screen WhatsApp bisa dipakai dengan lebih mudah melalui ponsel Android maupun iOS hanya dengan melakukan video call. Jadi pengguna bisa bagikan foto atau video dalam video call.

“Pengguna bisa berbagi dokumen untuk pekerjaan, mengirim foto untuk keluarga, merencanakan liburan, belanja online, membantu teman atau nenek kakek terkait hal teknis dan lainnya dengan fitur share screen WhatsApp dimana pengguna bisa langsung berbagi tampilan layarnya ketika melakukan panggilan atau video call” bunyi pernyataan resmi WhatsApp dilansir dari Force Arena hari Rabu (9/8).

Untuk cara share screen di WhatsApp, pengguna tinggal klik ikon “Share” ketika video call. Selanjutnya pilih opsi yang lebih spesifik seperti memasukkan seluruh layar ke antarmuka panggilan atau hanya berupa dokumen, foto, dan video. 

Baca Juga : Fitur Baru Whatsapp, Bisa Tambah Akun Dalam Satu Device

Ketika mengaktifkan fitur share screen di WhatsApp, secara otomatis seluruh tampilan layar di ponsel akan terekam dan bisa dilihat ke pengguna lain yang sedang melakukan panggilan bersama pengguna. Pengguna bisa hentikan mode dengan setelan yang tersedia.

Cara share screen di WhatsApp juga bisa dilakukan dalam mode lanskap sehingga bisa melihat dan berbagi lebih baik. Full screen sharing telah diluncurkan dan bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang menginstal WhatsApp versi terbaru.

Agar tidak salah langkah, berikut tutorial lengkap cara share screen di WhatsApp :

  • Lakukan panggilan video di WhatsApp ponsel atau laptop (windows). Pilih kontak yang hendak ditelepon dan klik ikon panggilan video call
  • Setelah tersambung, klik ikon share screen yang berupa gambar mirip HP di bagian bawah layar, klik “Mulai Sekarang”
  • Usai fitur screen sharing WhatsApp aktif, Anda bisa lakukan pembicaraan dengan lawan bicara memakai tampilan layar yang sama, Anda bisa perlihatkan data yang ada di ponsel atau windows baik itu dokumen, foto, dan lainnya.
  • Jika ingin berhenti, klik “Berhenti Berbagi”. Tampilan layar akan berubah kembali seperti biasa ketika video call dan Anda bisa lanjutkan sesi bicara kembali

Sebagai informasi, fitur screen sharing WhatsApp ini mungkin tidak bisa berlaku untuk panggilan video dengan terlalu banyak peserta juga tidak bisa dipakai jika masih menginstal WhatsApp versi lama. Pengguna yang mengaktifkan fitur punya kendali penuh dan bisa hentikan sharing layar kapanpun yang dimau.

Baca Juga : Instagram Raih Untung Rp 10 Triliun Perhari Imbas Penjualan Centang Biru