Usai Digigit Kutu, Pria Ini Kena Gangguan Mental hingga Potong Penis

Seorang pria di Republik Ceko nekat memotong penisnya sendiri setelah diduga mengalami psikotik akibat gigitan kutu.

Usai Digigit Kutu, Pria Ini Kena Gangguan Mental hingga Potong Penis
Usai Digigit Kutu, Pria Ini Kena Gangguan Mental hingga Potong Penis. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Seorang pria di Republik Ceko, yang juga seorang pendeta memutuskan untuk memotong penisnya sendiri setelah diduga mengalami psikotik akibat gigitan kutu.

Penduduk setempat mulai curiga ketika pria tersebut tidak muncul dalam pertemuan yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Walikota Ceskobudejovick, Bohemia Selatan, menyatakan, "Kami tidak tahu persis apa yang terjadi, mungkin ini masalah kesehatan."

Paramedis kemudian mendobrak pintu rumahnya setelah tidak mendapat respons dan menemukan pria tersebut terbaring tak sadarkan diri dengan luka parah di alat kelaminnya.

Pria tersebut segera dilarikan ke ruang gawat darurat setempat, namun, karena kondisinya yang terus memburuk, dokter memutuskan untuk menjalani prosedur medically induced coma.

Baca Juga : Pria dengan Penis Terbesar di Dunia Dicurigai Menyelundupkan Senjata di Bandara

Hal ini dilakukan untuk membuatnya koma dan memasang ventilator guna membantu pernapasannya. Pria ini membutuhkan perawatan intensif selama sekitar 10 hari di rumah sakit.

Vikjen Keuskupan Ceske Budejovice, David Henzl, menjelaskan bahwa pria tersebut mengidap tick-borne encephalitis (TBE), yang menyebabkan peradangan pada sistem saraf dan dapat menyebabkan bentuk psikosis. Psikosis adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan membedakan antara kenyataan dan imajinasi.

Kondisi yang ditularkan melalui gigitan kutu ini juga dapat mengakibatkan pembengkakan otak, dan dalam kasus pria potong penis akibat digigit kutu ini, dokter menemukan kerusakan pada sistem saraf pasien yang diduga berawal dari virus TBE. Hingga saat ini, perawatan dan pemantauan terus dilakukan di rumah sakit.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa, Republik Ceko memiliki salah satu tingkat kejadian TBE tertinggi di Eropa, dengan jumlah kasus mencapai 500 hingga 1.000 per tahun. Risiko penularan TBE terutama tinggi di wilayah Bohemian Selatan.

Baca Juga : Penis 2 Pemuda di Sulsel Bernanah dan Infeksi Usai Suntik Minyak Pembesar