Tuai Kontroversi, Instagram Tetap Lanjutkan Uji Coba Foto Layar Penuh

Walaupun menuai kontroversi, Instagram akan tetap melanjutkan uji coba foto dengan rasio yang lebih tinggi atau layar penuh seperti Reels.

Tuai Kontroversi, Instagram Tetap Lanjutkan Uji Coba Foto Layar Penuh
Walaupun menuai kontroversi, Instagram akan tetap melanjutkan uji coba foto dengan rasio yang lebih tinggi atau layar penuh seperti Reels. Gambar : Unsplash.com/Dok. Josh Rose

BaperaNews - Instagram melanjutkan uji coba desain barunya yang menuai kontroversi. Terbaru, Instagram menguji coba foto dengan rasio yang lebih tinggi atau layar penuh seperti Reels.

Uji coba ini diumumkan langsung oleh Head of Instagram Adam Mosseri dalam sesi Ask Me Anything dalam Instagram Storiesnya. Mosseri menuturkan Instagram akan menguji coba foto layar penuh dengan rasio 9:16 dalam satu atau dua minggu ke depan.

“Salah satu yang kami harapkan untuk uji coba dalam satu atau dua minggu adalah dukungan untuk foto 9:16,” ujar Mosseri dalam menjawab salah satu pertanyaan, seperti dikutip dari The Verge, pada Minggu (7/8/2022).

“Karena kalian bisa mengunggah video tinggi, tapi kalian tidak bisa mengunggah foto tinggi di Instagram, jadi kami pikir mungkin kami harus pastikan bahwa kita memperlakukan keduanya dengan sama,” imbuh Mosseri.

Uji coba ini menjadi salah satu langkah terbaru dari Instagram untuk membuat tampilan platform-nya terlihat lebih penuh dan lebih fokus dengan konten vertikal seperti TikTok. Untuk saat ini beberapa fitur Instagram yang sudah mendukung rasio layar penuh 9:16 adalah Stories dan Reels.

Baca Juga : Cegah Pelecehan Seksual, Transjakarta Pasang CCTV Pendeteksi Wajah

Jika ingin mengunggah foto vertikal, Instagram saat ini membatasi dukungannya untuk rasio 4:5. Dengan mengenalkan rasio 9:16 yang lebih tinggi, pengguna Instagram jadi bisa menampilkan foto yang memenuhi layar penuh secara vertikal.

Tapi beberapa fotografer mengkritik uji coba Instagram yang memaksa semua foto agar bisa pas mengikuti rasio 9:16. Pasalnya, feed baru ini menambahkan overlay gradien dengan warna yang lebih gelap di bagian bawah foto agar teks caption bisa dibaca dengan lebih mudah, tapi justru bentrok dengan tampilan foto aslinya.

Selama proses uji coba desain baru Instagram, Mosseri pernah beberapa kali mengaku bahwa layar penuh bukan medium yang tepat untuk foto. Data internal Instagram bahkan menunjukkan banyak pengguna yang tidak senang dengan desain baru ini yang membuat mereka mulai meninggalkan platform milik Meta tersebut.

Selain desain baru yang mengenalkan layar lebih penuh ala TikTok, Instagram juga akan menampilkan lebih banyak konten rekomendasi di feed pengguna. Dua fitur baru ini sepertinya mendapat hujatan keras dari pengguna karena Instagram mengumumkan akan menunda uji cobanya.