Suti Karno Amputasi Kaki Akibat Sakit Diabetes Selama 18 Tahun

Suti Karno atau dikenal Atun si Doel mengalami penyakit diabetes selama 18 tahun, hal tersebut membuat suti karno harus amputasi kakinya.

Suti Karno Amputasi Kaki Akibat Sakit Diabetes Selama 18 Tahun
Suti Karno amputasi kaki akibat sakit diabetes selama 18 tahun. Gambar : Fimela.com/Nurwahyunan

BaperaNews - Aktris senior Suti Karno atau lebih dikenal dengan Atun di serial Si Doel Anak Sekolahan harus menjalani operasi amputasi kaki karena mengidap diabetes.

Suti Karno mengidap diabetes selama 18 tahun terakhir. Hal mengejutkan ini ia ceritakan dalam sebuah talk show di salah satu stasiun televisi pada Minggu, (25/12).

Adapun alasan dari keputusan Suti Karno amputasi kaki yaitu adanya luka yang cukup parah pada dua jari kanan miliknya. Luka tersebut akhirnya memburuk hingga tidak bisa diselamatkan lagi dan harus diamputasi.

Kabar sedih dari Suti Karno berlanjut, setelah Suti Karno amputasi kedua jari kaki, selang satu minggu setelahnya jari kaki sebelahnya menghitam dan ikut mati. 

"Cuma karena saya terlambat berobat, karena sibuk syuting Si Doel Series, akhirnya kedua jari kaki tidak bisa diselamatkan dan harus diamputasi," ungkap Suti Karno dikutip dari Detik.

Alasan suti Karno amputasi kaki memang atas keinginannya sendiri dan mengaku menyesal karena tidak lebih mencintai diri dan kesehatan pada tubuhnya.

Berdasarkan pengakuan Suti Karno, ia menderita Diabetes karena sepanjang hidupnya kerap kali minum soda dan jarang minum air putih.

Baca Juga : Rio Alief Ungkap Perjuangan Clerence Chyntia Melawan Sakit Kanker

"Itu keputusan saya karena udah parah jadi ya minta dipotong aja, luka sudah merambat dan pembuluh darah saya sudah rusak di bagian atas. Gapapa ini resiko karena saya memang kurang mencintai diri saya, karena saya tidak pernah minum air putih, jujur. Saya selalu minum-minuman bersoda dan yang manis aja. Aku gak suka minum air putih," jelas Suti Karno.

Kini, Suti Karno memakai kaki palsu dan juga menjalani fisioterapi untuk memulihkan fisiknya. Suti Karno berharap ia segera bisa pulih agar mampu beraktivitas normal seperti dulu meski ia harus gunakan kaki palsu untuk menunjang aktivitas hariannya.

Suti Karno adalah seorang aktris kelahiran Jakarta 27 April 1966. Ia dibesarkan dalam keluarga yang mayoritas bergerak dalam dunia perfilman.

Ayah dari Suti Karno adalah Soekarno M. Noer, sosok aktor peraih Piala Citra Festival Film Indonesia dan ibunya adalah Istiarti M. Noer.

Suti Karno telah memiliki dua orang anak angkat bernama Thalia Gracia Meicy Karno dan Grecho Pradittya Karno yang ia besarkan seorang diri. 

Baca Juga : Aminah Cendrakasih 'Mak Nyak' Si Doel Meninggal Dunia