Simple! Ini Cara Mengatur Privasi di WhatsAPP

WhatsApp menyediakan pengaturan privasi yang bisa diatur oleh pengguna sesuai kebutuhan, berikut cara mengatur privasi di WhatsApp.

Simple! Ini Cara Mengatur Privasi di WhatsAPP
Cara Mengatur Privasi di WhatsApp. Gambar : Pexels.com/Dok. Anton

BaperaNews - WhatsApp ialah aplikasi pesan instan dan panggilan sederhana yang bisa dipakai di ponsel maupun desktop. Pada pengaturan standar, WhatsApp memberi izin kepada semua pengguna yang menyimpan nomor kontak Anda untuk memasukkan Anda ke grup atau melihat pembaruan status yang Anda buat.

Namun jika ingin privasi lebih, Anda bisa mengaturnya. Misalnya tentang siapa saja yang bisa memasukkan Anda ke grup atau siapa saja yang bisa melihat update status Anda. WhatsApp menyediakan pengaturan privasi yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Berikut ini ulasan lengkap tentang cara mengatur privasi di WhatsApp melalui ponsel dan cara mengatur privasi di WhatsApp Grup. 

Cara mengatur Privasi di WhatsApp Melalui Ponsel :

  • Klik menu Pengaturan - Privasi di WhatsApp
  • Akan ada beberapa pilihan yang bisa diatur sesuai kebutuhan seperti Informasi kapan terakhir dilihat dan status online, foto profil, informasi profil, pembaruan status, laporan pesan dibaca, hingga penambahan ke grup.
  • Jika memilih untuk tidak memperlihatkan status online, terakhir dilihat, atau laporan pesan dibaca, maka Anda juga akan mendapat fitur yang sama terkait pengguna lain. Yakni tidak bisa melihat orang lain yang sedang online, tidak bisa mengetahui kapan pengguna lain terakhir online, dan tidak ada informasi ketika pesan telah dibaca yang biasanya centang pada pesan berubah jadi biru.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp iOS: Bisa Buka Aplikasi Lain Saat Video Call

Cara mengatur privasi di WhatsApp Grup :

  • Buka Pengaturan WhatsApp - Akun - privasi - Grup
  • Pilih opsi yang tersedia, yakni semua orang termasuk mereka yang tidak ada di kontak telepon Anda, kontak saya atau orang-orang di kontak Anda, atau yang ketiga kontak saya, kecuali untuk memilih orang-orang tertentu yang tidak Anda izinkan memasukkan ke grup.
  • Dengan demikian Anda bisa memiliki privasi sesuai kebutuhan, misalnya ketika Anda merasa tidak nyaman tiba-tiba dimasukkan ke suatu grup WhatsApp oleh orang tidak dikenal, Anda bisa memilih privasi kontak Anda di menu siapa saja yang bisa memasukkan Anda ke grup.

WhatsApp mengatur menu privasi secara detail dan lengkap untuk pengguna, diharapkan aturan ini bisa membuat pengguna lebih nyaman ketika berkomunikasi dengan WhatsApp, yakni memilih untuk bisa dikontak dan dilihat publik atau hanya kepada orang-orang tertentu di kontak dan yang dipilih.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Itulah cara mengatur privasi di WhatsApp melalui ponsel dan cara mengatur privasi di WhatsApp Grup, semoga membantu.

Baca Juga : Simak! Cara Buat Tulisan Arab di WhatsApp, Untuk Android dan iPhone