Ranny Fahd A Rafiq Dukung Kemenkes dalam Bangun Sistem Kesehatan yang Lebih Tangguh dan Terintegrasi

Ranny Fahd A Rafiq, menyatakan dukungannya terhadap upaya Kemenkes dalam membangun sistem kesehatan yang lebih tangguh dan terintegrasi.

Ranny Fahd A Rafiq Dukung Kemenkes dalam Bangun Sistem Kesehatan yang Lebih Tangguh dan Terintegrasi
Ranny Fahd A Rafiq Dukung Kemenkes dalam Bangun Sistem Kesehatan yang Lebih Tangguh dan Terintegrasi. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Anggota DPR RI, Ranny Fahd A Rafiq, menyatakan dukungannya terhadap upaya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam membangun sistem kesehatan yang lebih tangguh dan terintegrasi.

Pandemi COVID-19 telah mengungkapkan berbagai kelemahan dalam sistem kesehatan nasional yang membutuhkan perbaikan mendasar, dan untuk itu, pemerintah meluncurkan serangkaian reformasi yang berfokus pada enam pilar utama, layanan primer, layanan rujukan, ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, sumber daya manusia (SDM) kesehatan, dan teknologi kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa langkah awal untuk memperkuat transformasi kesehatan ini adalah pengesahan Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

Regulasi baru ini menjadi landasan yang sangat penting dalam membangun sistem kesehatan yang lebih efisien dan terintegrasi, serta memastikan bahwa setiap lapisan masyarakat mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas.

Baca Juga : Ranny Fahd A Rafiq Imbau Masyarakat akan Pentingnya Jaga Kesehatan Melalui Imunisasi dan Skrining

Ranny Fahd A Rafiq mengungkapkan, "Saya mendukung penuh langkah Kementerian Kesehatan dalam melaksanakan reformasi sistem kesehatan. UU Kesehatan yang baru disahkan adalah tonggak penting untuk meningkatkan ketahanan dan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Kita harus memastikan bahwa sistem kesehatan kita mampu menghadapi tantangan di masa depan, seperti pandemi atau krisis kesehatan lainnya."

Lebih lanjut, Ranny menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam mewujudkan sistem kesehatan yang lebih baik. "Dengan adanya dukungan dari semua pihak, kita dapat membangun infrastruktur kesehatan yang kuat dan memastikan bahwa setiap individu mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan," tambahnya.

Transformasi ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan layanan kesehatan tetapi juga memperkuat kapasitas sistem kesehatan nasional untuk beradaptasi dan responsif terhadap berbagai situasi. Dengan komitmen bersama, Indonesia dapat mencapai sistem kesehatan yang lebih tangguh, terintegrasi, dan mampu memberikan layanan berkualitas bagi seluruh masyarakat.