Fahd A Rafiq Apresiasi Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Untuk Pergelaran Angklung

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq sangat apresiasi setelah Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar yang diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, pada Sabtu (5/8).

Fahd A Rafiq Apresiasi Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Untuk Pergelaran Angklung
Fahd A Rafiq Apresiasi Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Untuk Pergelaran Angklung. Fahd A Rafiq. Gambar : Istimewa

Bapera News - Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (05/08/2023).

Rekor pergelaran angklung yang dicatat oleh Guinness World Records (GWR) tersebut diikuti oleh 15.110 peserta.

Acara yang diikuti oleh 15.110 peserta itu menjadi pertunjukan angklung terbesar di dunia yang pernah dicatat Guinness World Record. Sebelumnya, pertunjukan angklung terbesar dengan 5.182 peserta dipecahkan di Amerika Serikat pada 2011 lalu.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq sangat apresiasi setelah Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar yang diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada sabtu kemarin.

“Saya sangat apresiasi setelah Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar di GBK Sabtu kemarin, sekitar 15.110 peserta meramaikan pergelaran dan tercatat dalam buku Guinnes World Records, kita harus apreasiasi ini, karena kita telah berhasil pecahkan rekor untuk Dunia.” Ujar Fahd A Rafiq Minggu (6/8).

Dirinya juga menambahkan, “Kita harus bangga, dari alat musik tradisinonal Indonesia dapat dilihat oleh dunia, kita ketahui angklung merupakan kekayaan Indonesia yang sudah terdaftar dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya nonbenda sejak tahun 2010.” Tutup Fahd A Rafiq.

Baca Juga : Invansi Rusia ke Ukraina Tepat 1,5 Tahun, Fahd A Rafiq Ribuan Warga Sipil Menjadi Korban Kejahatan

Beberapa syarat tersebut, antara lain, percobaan harus dilakukan sesuai panduan pemecahan rekor, yakni semua peserta mulai bermain angklung setelah aba-aba diberikan.

Para peserta juga harus memainkan angklung mereka sendiri, bukan meminjam angklung orang lain. Mereka juga harus memainkan angklung sesuai dengan apa yang sudah dilatih dan dipersiapkan sebelumnya, tidak boleh ada improvisasi.

Dalam acara ini, ada dua lagu yang dimainkan untuk memecahkan rekor, yakni lagu wajib nasional Berkibarlah Benderaku dan lagu Wind of Change yang dipopulerkan band Scorpions.

Dua lagu itu dimainkan selama sekitar 6 menit, setelah lagu selesai dimainkan, tepuk tangan langsung membahana di dalam stadion. Untuk diketahui, para pemain angklung pemecah rekor ini merupakan perwakilan dari sejumlah kementerian/lembaga pemerintah dipandu oleh Saung Angklung Udjo.

Acara ini diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) yang berisikan pendamping para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Tampak hadiri dalam acara pemecahan rekor tersebut Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Baca Juga : Saudi Mengirim Undangan Untuk Indonesia, Fahd A Rafiq: Membahas Konflik Rusia-Ukraina