Presiden Jokowi Tiba Hadiri KTT G20 di India

Presiden Joko Widodo tiba di Air Force Station Palam, New Delhi, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Presiden Jokowi Tiba Hadiri KTT G20 di India
Presiden Jokowi Tiba Hadiri KTT G20 di India. Gambar : Instagram/@Jokowi

BaperaNews -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mendarat di Air Force Station (AFS) Palam, New Delhi. Ini adalah bagian dari agenda kunjungannya ke India guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Di tengah suasana bandara, Jokowi dan rombongan disambut dengan tarian tradisional Bihu dari Assam. Duta Besar RI di New Delhi, Ina Krisnamurthi, serta Atase Pertahanan KBRI New Delhi, Laksma Didik Kurniawan, ikut menyambut di bandara.

"Menurut saya stabilitas dan perdamaian adalah kunci kemakmuran." Sebelum berangkat, Jokowi menyatakan.

Beliau berencana untuk menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, dalam KTT G20, sebuah forum yang mencakup negara-negara dengan perekonomian besar, termasuk India yang dipimpin oleh Narendra Modi.

Baca Juga : Berikut 2 Poin Dari Isi Deklarasi KTT G20 Tentang Pendidikan

Dalam kunjungannya, Jokowi diagendakan untuk memimpin pertemuan MIKTA Leaders' Gathering ke-1 dan bertemu dengan beberapa pemimpin negara dalam pertemuan bilateral. Kedua agenda ini dinantikan oleh banyak pihak.

Malam harinya, Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri jamuan makan malam dalam rangkaian KTT G20. Mereka didampingi oleh sejumlah menteri teras Indonesia, termasuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Presiden Jokowi berharap kunjungannya ke India dapat memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara dan kerja sama dengan anggota G20 lainnya.

Baca Juga : Wakili Joe Biden, Wakil Presiden AS Kamala Harris Hadiri KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta