Presiden Joko Widodo Resmikan Indonesia Arena, Fahd A Rafiq: Siap Gelar Ajang Internasional

Presiden Jokowi meresmikan Indonesia Arena, stadion indoor multifungsi terbesar di Indonesia, sebagai venue utama Piala Dunia Basket FIBA 2023.

Presiden Joko Widodo Resmikan Indonesia Arena, Fahd A Rafiq: Siap Gelar Ajang Internasional
Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung olahraga Indonesia Arena, Senin (07/08/2023).

Stadion yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) ini akan menjadi salah satu venue Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang akan berlangsung akhir Agustus hingga September mendatang.

Stadion dengan kapasitas 16.000 penonton itu merupakan arena indoor multifungsi terbesar pertama di Indonesia. Infrastruktur tersebut dibangun dalam waktu terhitung cepat yakni 18 bulan dengan biaya pembangunan Rp640 miliar.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyampaikan Indonesia kini mempunyai arena indoor multifungsi terbesar pertama di Indonesia, Stadion yang mempunyai kapasitas 16.000 penonton, di rencanakan akan menjadi salah satu venue Piala Dunia Basket FIBA 2023 pada bulan Agustus hingga September mendatang.

“Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada senin kemarin, kini Indonesia mempunyai arena indoor multifungsi terbesar di Indonesia, stadion tersebut terletak di kawan Gelora Bung Karno Senayan, direncanakan juga Indonesia arena ini akan menjadi salah satu venue Piala Dunia Basket FIBA 2023, semoga dengan hal ini Dunia dapat melihat infrastruktur sarana olahraga Indonesia juga dapat bersaing.” Ujar Fahd A Rafiq (8/8).

Dirinya juga menambahkan, “Semoga dengan adanya sarana arena indoor multifungsi ini juga dapat menggelar acara olahraga lainnya, tidak hanya ajang nasional, yang kita harapkan kita juga siap untuk menjadi tuan rumah diajang-ajang event olahraga Internasional lainnya.” Tutup Fahd El Fouz A Rafiq.

Sarana tersebut nantinya akan menjadi fasilitas untuk pertandingan bola basket. Meski demikian sejumlah kegiatan dapat digelar di stadion berstandar internasional itu.

Ajang terdekat di Stadion Indonesia Arena adalah FIBA Basketball World Cup pada 25 Agustus sampai 10 September 2023. Sebelumnya telah berlangsung undian (drawing) di Manila, Filipina, pada 29 April 2023. 

Penulis : Fachrul